Efisiensi waktu, adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan e-commerce pada para pelanggan. Pemangkasan jarak tempuh dan waktu menjadi salah satu keterampilan perusahaan e-commerce.

Demikian juga dengan Blibli.com. Perusahaan e-commerce milik Grup Djarum ini telah membuka gudang barang (warehouse) seluas 7 hektar di Surabaya. Hal ini bertujuan menghemat jarak tempuh dan waktu pengiriman barang ke pelanggan.

“Tantangan pengiriman di Indonesia adalah letak geografis dan juga infrastruktur sehingga biaya logistik dan pengiriman sangat tinggi. Untuk itu kami mengambil langkah strategis dengan membuka satu warehouse baru di Surabaya dan satu mother hub (pusat gudang transit) di Jakarta pada awal November lalu,” ujar Lisa Widodo, Senior Vice President of Operations & Product Management Blibli.com dalam siaran persnya, Selasa (14/11).

Pengadaan ruang untuk pusat pendistribusian barang itu seiring dengan pertumbuhan signifikan bisnis Blibli.com selama kurun waktu 6 tahun terakhir. Untuk tahun ini, contohnya, terjadi peningkatan bisnis sekitar 3 kali dibanding tahun lalu.

Warehouse yang dibangun di lahan seluas 7 hektar dengan luas bangunan sekitar 5 hektar itu diklaim oleh Blibli sebagai salah satu warehouse e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Warehouse diharapkan mampu untuk menampung pesanan para pelanggan di wilayah Jawa, Indonesia Tengah dan Timur.

Sedangkan mother hub seluas 2.300 m2 yang dibuka di wilayah Angke, Jakarta dibangun untuk memudahkan pengiriman barang ke luar kota. Letaknya yang cukup dekat dengan Bandar Udara Soekarno Hatta diharapkan bisa memuluskan tujuan itu.

Saat ini, Blibli.com memiliki 7 warehouse yang tersebar di Medan, Jakarta, Tangerang, dan Surabaya serta memiliki 14 hub di seluruh Indonesia. Seluruh warehouse itu tidak hanya menampung barang-barang Blibli.com, tapi juga menampung produk-produk consignment dari para merchant.

Pembangunan warehouse dan hub ini memang menjadi bagian dari deretan strategi bisnis Blibli.com. Dengan mengusung konsep business to consumer (B2C), Blibli.com juga berupaya menggaet brand yang ingin membangun channel online.  Tujuannya adalah menyediakan variasi dan kuantitas produk.

Selain itu, Blibli.com pun berkolaborasi dengan pemasok dan partner seperti bank untuk program promosi. Hal ini dilakukan agar perusahaan tetap bisa bertahan ditengah persaingan bisnis e-commerce yang kian sengit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here