Apabila kamu seorang mahasiswa atau calon mahasiswa, tentu kamu mengetahui bahwa laptop atau notebook itu merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan perkuliahan. Jadi, sangat lumrah apabila kamu harus memiliki laptop agar tidak menghambat aktivitas kuliah mu.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila kamu ingin membeli sebuah laptop. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan apabila kamu ingin membeli laptop.

Pertama, pilihlah laptop dengan ukuran portable.

Sebagai mahasiswa, kamu tentunya memiliki mobilitas yang lumayan tinggi. Kamu seringkali berpindah kelas seturut dengan dosen mata kuliah mu. Artinya, kamu sebaiknya memiliki laptop yang bisa mengikuti irama mobilitas kamu.  Untuk itu, sebuah laptop dengan berat sekitar 1,8 kilogram dengan bentang layar sebesar 11-14-inch sudah sesuai dengan aktivitas mu.

Kedua, pilih laptop dengan desain yang lebih baik

Untuk ini, kamu memang harus merogoh kocek agak dalam. Namun, kualitas yang kamu dapatkan bisa menggantikan dana yang kamu keluarkan. Gunakan uang kamu untuk membeli laptop yang bodinya terbuat dari carbon fiber, magnesium alloy, atau aluminum.

Selain itu, kamu juga perlu memeriksa terlebih dahulu klaim garansi terkait dengan ketahanan perangkat yang akan kamu beli. Agar kekesalan akibat laptop kamu harus sering masuk ‘rumah sakit’ tak akan kamu rasakan.

Ketiga, cermati spesifikasi umum dari sebuah laptop

Nah, ada beberapa spesifikasi umum yang kamu harus perhatikan dari sebuah laptop. Salah satunya adalah spesifikasi layar. Apabila kamu sering menggunakan laptop untuk keperluan mengerjakan tugas paper atau riset, kamu perlu memilih laptop dengan resolusi layar Full-HD (1920×1080 piksel).

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan spesifikasi CPU dari laptop yang akan kamu beli. Untuk kamu ketahui, sistem laptop yang menawarkan performa solid adalah perangkat yang menggunakan CPU Intel Core i5 atau i7. Dan pastikan juga kamu memilih CPU dengan kode 6000, seperti misalnya Core i5-6200U yang tak lain adalah prosessor Intel generasi keenam.

Namun bila budget mu rendah, CPU Core i3, Celeron, Intel Core M maupun Pentium pun sudah bisa membantu pengerjaan tugas-tugas kuliah mu.

Spesifikasi lainnya yang juga penting adalah kapasitas RAM. Dengan kapasitas 4GB, laptop yang kamu miliki akan membantu kamu melakukan multitask tanpa gangguan berarti.

Sedangkan untuk penyimpanan internal, sebaiknya kamu memilih laptop dengan hardisk SSD (Solid-State Drive). Sebab, SSD akan berjalan tiga atau empat kali lebih cepat dibandingkan sebuah HDD 7,200 rpm. Memang SSD harganya jauh lebih mahal dibandingkan HDD. Namun, lagi-lagi, kualitas SSD akan membuat dana kamu yang besar itu segera tergantikan.

Terakhir, pastikan bahwa laptop yang kamu beli itu memiliki Wi-Fi agar kamu bisa mengerjakan tugas di tempat manapun yang menyediakan layanan Wi-Fi.

Keempat, perhatikan kemampuan baterai.

Untuk mencegah keribetan yang harus kamu hadapi ketika membawa charger laptop, pilihlah laptop yang sanggup beroperasi minimal selama 8 jam. Dengan demikian kamu bisa mengerjakan tugas kapan pun dan dimana pun tanpa harus ketakutan kehabisan baterai.

Kelima, pilih laptop yang menggunakan Sistem Operasi yang tak asing bagi kamu.

Kebanyakan pelajar maupun mahasiswa sudah akrab dengan sistem OS berbasis Windows. Karena itu, lebih baik kamu untuk memilih laptop dengan sistem Windows 10. Dalam sistem ini, ribuan aplikasi yang bisa menunjang pengerjaan tugas kuliah mu akan bisa kamu dapat.

Keenam, pilih laptop yang memiliki kenyamanan dan desain 2-in-1

Untuk kenyamananmu dalam mengerjakan tugas, maka pilihlah laptop dengan touchpad dan keyboard yang lembut tingkat responsifitasnya dan nyaman ketika tangan mu menyentuhnya.

Dan bila kamu menginginkan fleksibilitas tinggi, tipe laptop 2-in-1 bisa kamu pilih. Tipe ini juga sesuai untuk kamu mahasiswa seni. Sebab produk ini  bisa sangat berguna untuk menggambar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here