Tahun ajaran baru segera datang. Sebagian orang tua pasti sedang sibuk mencari sekolah yang tepat untuk putra-putri mereka.

Dalam memilih sekolah, hendaknya orang tua tidak asal-asalan. Ada beberapa hal yang hendaknya diperhatikan orang tua dalam memilih sekolah terbaik bagi anak-anak mereka.

Pertama, pilih sekolah terintegrasi atau terpadu.

Yang dimaksud dengan sekolah terpadu adalah sekolah yang menempatkan semua jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP dan SMA dalam satu atap atau dalam satu lingkungan. Mengapa sekolah seperti ini harus dipertimbangkan? Sebab anak-anak kita akan memiliki banyak sahabat ketika menapaki jenjang pendidikan hingga ke yang tertinggi dalam lingkungan tersebut.

Dengan begitu, perilaku bully atau ‘plonco’ kecil kemungkinan terjadi karena mereka sudah saling kenal satu sama lain sejak kecil. Sehingga rasa persaudaraan lebih kental diantara mereka.

Ilmu dan pengetahuan yang diterima anak-anak juga akan lebih terstruktur. Sebab kurikulum sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA dikelola oleh lembaga yang sama sehingga penerepannya akan lebih terarah.

Kedua, pilihlah sekolah yang transparansi dan akuntabilitasnya terjamin.

Sekolah yang akan kita pilih untuk anak-anak kita haruslah memiliki manajemen yang terbuka atau transparan. Dengan begitu setiap ada pungutan atau pembayaran yang dibebankan kepada siswa, maka pihak orang tua akan mendapatkan penjelasan secara rinci tentang tujuan pungutan tersebut.

Pungutan liar pun tidak akan mungkin terjadi di sekolah yang sistemnya transparan dan akuntabel. Dan pasokan dana dari pemerintah seperti halnya bantuan operasional sekolah (BOS) pun akan lebih tepat sasaran dalam penggunaannya.

Ketiga, pilihlah sekolah yang sarana dan prasarananya lengkap.

Orang tua harus menyadari, bahwa kelengkapan sarana dan prasarana sekolah menjadi salah satu penentu kualitas pendidikan yang akan diterima anak-anak. Orang tua harus memastikan kelengkapan prasarana seperti perpustakaan, fasilitas olahraga,  tempat beribadah, taman bermain dan fasilitas lainnya. Semua itu akan menjadi salah satu unsur penting dalam keberhasilan pendidikan anak-anak kita di sekolah.

Keempat, pilihlah sekolah yang memiliki tenaga pendidik profesional.

Hal lain yang harus disadari oleh orang tua adalah keberadaan guru atau tenagar pendidik profesional di sekolah yang akan dipilih. Yang dimaksud profesional ialah guru yang mengajar di sekolah tersebut mengajarkan mata pelajaran yang sesuai latar belakang pendidikannya. Hal ini penting untuk membuktikan kompetensi sang guru dalam memberikan ilmu.

Kelima, pilihlah sekolah yang bisa mengembangkan bakat anak.

Setiap anak memiliki bakat tersendiri yang berbeda dengan anak lainnya. Sebagai orang tua yang baik, hendaknya bakat anak-anak kita dikembangkan. Dan tak ada salahnya untuk memilih sekolah yang bisa mengembangkan bakat anak-anak kita.

Upayakan memilih sekolah yang memiliki kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) yang sesuai dengan minat dan bakat anak. Misalnya, ketika anak memiliki bakat sepak bola, maka lebih baik mencari sekolah yang memiliki ekskul olahraga tersebut.

Demikianlah lima hal yang perlu diperhatikan orang tua ketika ingin memilih sekolah bagi anak mereka. Memilih sekolah, bukanlah asal memilih. Dengan memilih sekolah yang baik, maka kita juga sudah menyiapkan masa depan yang baik bagi anak kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here