Bagi anda pengguna aplikasi pesan instan WhatsApp, tentunya sudah paham tentang perbedaan antara pesan yang sudah dibaca dan yang belum.

Ya, apabila di samping pesan itu ada dua centang berwarna hitam, berarti pesan itu sudah diterima namun belum dibaca oleh pemilik nomor tujuan. Sedangkan apabila ada dua centang biru di samping pesan, berarti pesan sudah dibaca.

Namun mungkin diantara anda ada yang menginginkan si pengirim tidak tahu bahwa anda sudah membaca pesannya dengan alasan tertentu. Apabila ya, anda bisa mengikuti tips berikut, agar pesan yang masuk nomor anda bisa dibaca tanpa mengubah warna centang hitam menjadi biru.

Anda harus menggunakan fitur yang disediakan WhatsApp untuk menonaktifkan tanda centang biru (read-receipt) dalam Menu. Namun, sayangnya cara ini bisa berpengaruh juga pada anda selaku pengguna. Sebab anda pun akan  tidak melihat apakah pesan yang anda kirim sudah dibaca atau belum oleh orang lain.

Namun, untuk anda pengguna ponsel yang sudah menggunakan Android 7 Marshmallow, ada cara lain untuk membuat pesan WhatsApp bisa dibaca tanpa ketahuan. Anda hanya perlu mengintip pesan di notifikasi saat pesan WhatsApp masuk.

Dan tampilan notifikasi di tiap-tiap ponsel Android Marshmallow bisa berbeda. Untuk ponsel LG dengan Marshmallow, mislanya, anda bisa menekan tanda panah ke bawah di notifikasi untuk melihat keseluruhan isi pesan WhatsApp.

Namun, bila ponsel anda tak menggunakan Marshmallow, ada cara lain untuk mencapai tujuan anda. Cara ini mengandalkan  fitur Airplane Mode yang ada di setiap perangkat smartphone.

Jadi, bila anda menerima pesan WhatsApp yang ingin dibaca tanpa membuat tanda centangnya menjadi biru, ubah mode smartphone anda ke dalam Airplane Mode sebelum membuka pesan. Nantinya semua aplikasi akan menjadi offline, namun semua pesan yang sudah diterima akan tersimpan dalam cache smartphone.

Sebelum anda melakukan itu, tutup dulu aplikasi WhatsApp saat anda mengaktifkan Airplane Mode ini.  Dengan begitu, maka WhatsApp tidak bisa memberitahu server bahwa pesan yang dikirim telah anda buka dan anda baca.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa bebas membaca semua pesan dalam Airplane Mode ini tanpa harus khawatir diketahui pengirim pesan. Namun demikian, begitu penon-aktifan mode Airplane Mode dilakukan, server WhatsApp tetap dapat mengidentifikasi apakah pesan yang dikirim sudah anda baca atau belum.

Jadi, anda ingin mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here