Virus dan Antivirus Leave a comment

Virus Komputer adalah program kecil yang mempunyai kemampuan mengendalikan diri sendiri dan bersifat merusak komputer. Virus komputer biasanya terdapat pada file atau program tertentu.

Virus Komputer dapat menyebar melalui CD/DVD, flashdisk, Jaringan (LAN, MAN, WAN, dsb), Internet, software, file yang dikirim lewat email, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa contoh virus dan cara penyebarannya :

1. Storm Worm

Storm Worm adalah program Trojan House yang pertama kali muncul pada tahun 2006, menyebar lewat email dengan file yang berjudul “230 dead as storm batter Europe”.

2. Leap-A atau Oompa-A

Virus Leap-A atau biasa disebut Oompa-A menyebar melalui iChat pada Mac, virus yang menyebar adalah file corrupt yang berbentuk JPEG.

3. Sasser and Netsky

Sasser and Netsky diciptakan oleh Sven Jaschan yang masih berusia 17 tahun  yang berkebangsaan Jerman. Virus ini menyebar melalui email. Komputer yang terinveksi virus ini tidak akan bisa di shutdown tanpa cabut kabel powernya.

4. MyDome (Novarg)

MyDome pertama kali muncul pada tanggal 1 Februari 2004, virus ini menyebar melalui email.

5. SQL Slammer atau Saphire

SQL Slammer atau Saphire pertama kali muncul pada tahun 2003. Virus ini menyebar melalui internet.

Cara mencegah virus menyerang laptop kamu adalah dengan menginstal antivirus. Antivirus adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mencegah, mendeteksi, dan menghapus virus yang ada dikomputer kamu atau yang ingin menyerang komputer kamu. Pada umumnya antivirus berjalan dilatar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang ada di komputer.

Sekarang antivirus yang terbaru tidak hanya dapat mendeteksi virus melainkan juga dapat mendeteksi spyware, malware, rootkit, dan juga bisa melindungi komputer dari serangan hacker. Berikut adalah beberapa contoh antivirus, yaitu :

  1. Antivirus Panda
  2. Kaspersky Small Office Security
  3. Trend Micro
  4. Norton Internet Security
  5. AVG Internet Security

Sekian pembahasan virus antivirus dari kami semoga bermanfaat. Kami menyediakan jasa instalasi ulang windows (trial) pada komputer atau laptop yang terserang virus dan sulit untuk ditangani. Kami juga menjual beberapa antivirus seperti Kaspersky Small Office Security dan Panda Security. Anda bisa hubungi kami disini atau hubungi kami di 021-87703903 / 87711742 yang beralamat di Jl. Akses UI No. 45 Samping Kampus E Gunadarma, Kelapa Dua Depok. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *