Tips Mengatasi Laptop atau Notebook tidak Connect ke Projector Leave a comment

Banyak orang menyebut projector dengan merk dari projector itu sendiri. Dari saya pribadi sih, banyak yang menyebut projector itu infocus padahal infocus adalah merk dari projector. Projector adalah perangkat yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar. Banyak sekali kegunaan dari perangkat ini, salah satunya yang paling menonjol (sering) yaitu sebagai alat presentasi.

Sama halnya dengan perangkat keras lainnya projector pun juga mempunyai masalah yang dapat terjadi suatu waktu tanpa kita ketahui kapan. Berikut kami akan memberi tips mengatasi masalah pada projector :

  1. Laptop/Notebook tidak Connect ke Projector

Seringkali masalah ini terjadi ketika akan mempresentasikan sesuai.

> Faktor pertama ( Masalah di VGA)

Kemungkinan pertama adalah adanya masalah di VGA. Pastikan kabel VGA projector sudah terpasang dengan benar di port VGA laptop/notebook anda. Jika anda merasa tidak ada gangguan pada kabel VGA tersebut coba cek pada port VGA laptop/notebook anda.

2. Faktor kedua

Bila dengan penanganan masalah pertama diatas masi tidak bisa menampilkan gambar pada layar proyektor, maka anda perlu memeriksa pada bidang pengaturan di komputer, Laptop atau notebook anda, karena dikhawatirkan perangkat Laptop atau Notebook anda dalam Screen Project (Dapat diakses dengan menekan Win + P)berada dalam mode “Computer Only” pada windows 7 atau“PC Screen Only” bila pada windows 8. Bila keadaan Laptop / Netbook anda dalam keadaan seperti yang disebut diatas, segera alih mode dengan mode “Duplicate” atau “Extend”karena pada mode ini proyektor akan menampilkan gambar bila terkoneksi dengan baik.

3. Faktor ketiga

Jika dua faktor diatas sudah anda tinjau, tapi hasilnya tetap tidak dapat menampilkan gambar pada layar Proyektor. Disini anda perlu mencurigai “Driver VGA”. dari kedua kasus yang saya hadapi seperti yang diceritakan diatas, Laptop / Notebook mereka tidak terinstal VGA Driver. Pastikan apakah sudah terinstall Driver VGA pada perangkat anda atau belum (masi menggunakan Driver standar Windows) karena driver standar windows tidak support untuk membagi screen seperti halnya dengan proyektor atau monitor ekternal lain.

Pengetesan pertama, coba anda tekan pada keyboard “Windows (Gambar jendela) + P” secara bersamaan. Jika tampil Project Screen yang berisikan mode-mode pembagian layar, berarti dalam Laptop / Notebook anda tela terinstall driver.

Pengetesan kedua, masuk ke dalam Device Manager, (ketikan dalam pencarian start “Device Manager” tanpa tanda kutip. Silahkan periksa pada bagian Display Adapter, dikhawatirkan perangkat anda masi menggunakan Driver standar VGA. Jika masih menggunakan Driver Standar VGA, seperti tanpak diatas. maka sangat perlu bagi anda untuk menginstall Driver VGA yang confortable dengan perangkat anda. Install VGA driver yang terdapat pada CD saat anda membelinya. jika sudah tidak ada, anda bisa mencari tahu dengan mengunjungi situs resmi Laptop / Notebook anda, driver apa yang cocok.

Sumber

GIANT Computer menerima service Projector dan lainnya. Kami beralamat di Jl. Akses UI No. 45 Samping Kampus E Gunadarma. Kunjungi website kami untuk info lainnya dan promo Laptop!! Sekian, terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *