Tips Mencegah Virus Masuk Komputer Leave a comment

Virus atau nama lainnya malware bagi sebagian orang pengguna komputer merupakan hal yang menakutkan. Beberapa orang memiliki pengalaman buruk karena virus, seperti hilangnya data mereka di laptop secara tiba-tiba. Dari pengalaman mereka, banyak yang tidak mau meminjamkan laptop/komputernya lagi setelah hilangnya data mereka karena virus atau juga tidak mau menggunakan flashdisk orang lain hanya mau menggunakan punya sendiri.

Virus merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Berikut kami berbagi beberapa tips mencegah masuknya virus ke laptop anda :

1. Pasang Antivirus

Tentu ini merupakan langkah pertama. Saat ini banyak sekali berbagai macam merk antivirus. Antivirus berbayar biasanya banyak dipilih karena kinerjanya lebih bagus. Jika anda gamer sebaiknya gunakan Avast atau Norton Gaming Edition dan jika anda pengguna internet yang aktif gunakan Kaspersky Internet Security.

2. Jangan biasakan menyimpan data di Drive C.

3. Hapus data yang sudah tidak diperlukan.

4. Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan

5. Jangan buka sembarang link

6. Tidak sembarangan mendownload

7. Apa bila akan memindahkan data dari device/perangkat lain, usahakan tidak membukanya dulu ketika masih terkoneksi, jadi langsung di send / copy kemudian lepaskan device / perangkat.

8. Sebagian besar virus khususnya trojan melakukan misi penyebarannya lewat autorun.inf
untuk mengatasi virus jenis diatas, caranya sebagai  berikut:

  • Di root directory dari semua partisi dan flash disk mu, buat sebuah folder bernama AUTORUN.INF dan rubah atribut folder ini menjadi “Read Only” atau “Hidden”. Jika  perlu, “System”.
  • Dalam folder autorun.inf tersebut, buat 1 atau 2 file .txt

9. Nonaktifkan autorun

Mematikan fungsi autorun merupakan salah satu cara dilakukan untuk melindungi komputer, laptop ataupun notebook anda dari masuknya virus dna menyebar keseluruh system anda .
Caranya  sebagai berikut:

  • Klik Start > Run, ketik “gpedit.msc” dan tekan Enter.
  • Masuk ke Computer Configuration\ Administrative Templates\ Windows Components\ Autoplay Policies\ kemudian pilih “Turn off Autoplay”
  • Non aktifkan Autoplay dengan  pilih Enabled, lalu pilih All Drives bila ingin mematikan semua fungsi autorun di semua media termasuk hard disk, atau pilih CD-ROM and removable media drives untuk mematikan autorun hanya di CD ROM dan Flashdisk. Lalu klik OK.

GIANT Computer menjual Antivirus dengan harga terjangkau! Kami beralamt di Jl. Akses UI No. 60 Samping Kampus E Gunadarma

Sekian. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *