Tips Memperbaiki CD atau DVD ROM Rusak Leave a comment

Harus anda ketahui perbedaan antara CD ROM dengan DVD ROM. Ya, dari namanya saja sudah terlihat apa perbedaannya, CD ROM merupakan drive yang digunakan untuk membaca CD sedangkan DVD ROM untuk membaca DVD.

Banyak kerusakan yang terjadi pada CD/DVD ROM baik itu macet (tidak bisa eject) atau tidak terbacanya data dari CD/DVD anda. Sebelum anda memperbaiki kerusakan pada CD/DVD ROM anda sebaiknya pastikan kerusakan yang anda kira itu tepat. Kami akan memberi tips memperbaiki CD/DVD ROM yang rusak.

1. Tidak Terbacanya Data dari CD/DVD

Seringkali banyak orang yang mengira saat CD/DVD nya tidak terbaca karena kerusakan CD/DVD tersebut, padahal belum tentu dari CD/DVD tersebut. CD/DVD ROM juga bisa mengalami kerusakan sehingga tidak dapat membaca data dari CD/DVD. Penyebab dari kerusakannya sebagai berikut :

> Disebabkan oleh jangka waktu pemakaian yang lama sehingga menyebabkan melemahnya kinerja optik.

> Permasalahan yang terjadi pada tegangan Power Supply yang merupakan arus, kekuatan untuk menghidupkan seluruh rangkaian CD/DVD ROM.

> Kerusakan pada IC Controller atau juga kecepatan putaran motor disk yang kurang maksimal.

Cara memperbaikinya adalah dengan membersihkan bagian optik CD/DVD Rom, kemudian lakukan kalibrasi trimpot (sejenis potensiometer) yang ada diseputaran Optik. Kalibrasi ini diperlukan sebagai pengujian dan proses verifikasi apakah suatu komponen masih berfungsi baik. Caranya adalah dengan memutar sedikit trimpot tersebut searah jarum jam dengan menggunakan alat apa saja, baik itu dengan tang lancip maupun obeng mini. Pastikan dan perhatikan apakah Trimpot pada CD/DVD Drive Anda sudah benar terputar. Mengkalibrasi Trimpot memang sangat penting dilakukan karena komponen ini berfungsi sebagai pengatur tingkat kekuatan laser  yang dipancarkan untuk membaca disk. Cara lainnya adalah dengan memperbaiki bagian regulator CD/DVD ROM. Jika memang terjadi kerusakan pada bagian ini, penyebabnya adalah IC regulator 7808 atau 7809 yang terbakar maupun konslet. Solusi terakhir tentunya adalah dengan mengganti IC maupun mengganti total board CD/DVD Rom yang baru.

2. Macetnya CD/DVD ROM

> Sediakan kawat yang cukup untuk dimasukkan ke lubang CD/DVD ROM

> Cari lubang keci yang berada di CD/DVD ROM tersebut (terletak di samping)

> Masukkan kawat tersebut ke lubang CD/DVD ROM sampai mentok, lalu CD/DVD ROM akan terbuka.

Kami menerima layanan service CD atau DVD ROM dan hardware lainnya. Anda dapat menghubungi kami di  (021) 8770 8564, beralamat di Jl. Akses UI No. 45 Samping Kampus E Gunadarma.

Sekian. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *