Teknologi Inti Internet 5G di Komersilkan Jepang Leave a comment

Teknologi Inti Internet 5G di Komersilkan Jepang

 

d1ee9e76-7ed6-4b79-bc33-5caf05b04b13_169
Komplek perkantoran milik ZTE yang berlokasi di kota Shenzhen, China. (Wikimedia Commons/Brucke-Osteuropa)

Jakarta, CNN Indonesia — Produsen perangkat dan infrastruktur telekomunikasi ZTE asal China telah menjalin kesepakatan dengan penyedia jasa telekomunikasi SoftBank untuk menyebarkan teknologi “pra-5G” di Jepang dan percobaan komersial pada awal tahun 2016.
ZTE menyebut teknologi ini sebagai “pra-5G” yang diklaim mampu menyediakan kecepatan lebih tinggi dari jaringan 4G.
Wakil Presiden ZTE Li Cui, mengatakan ZTE berencana mendirikan pusat penelitian dan pengembangan teknologi nirkabel di Tokyo pada akhir 2015, namun enggan mengungkap nilai investasi yang mereka keluarkan di Jepang.

Secara global, ZTE menginvestasikan US$ 220 juta untuk penelitian 5G dan teknologi komunikasi mobile antara 2015 sampai 2018.
“Tujuan kami adalah memanfaatkan teknologi inti 5G pada jaringan komersial yang ada, sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman 5G,” katanya seperti dikutip dari Reuters.
ZTE merupakan salah satu produsen yang menyediakan perangkat dan infrastruktur 4G LTE. Perusahaan mencatat kenaikan 42 persen laba bersih kuartalan yang berakhir April 2014 karena permintaan kuat untuk infrastruktur 4G secara global.Industri telekomunikasi sendiri memprediksi teknologi Internet mobile 5G yang sesungguhnya akan hadir pada 2020. Saat ini para pemangku kepentingan sedang melakukan penelitian dan pengembangan untuk mencari definisi 5G.
International Telecommunication Union (ITU), organisasi terpisah dari PBB yang mengatur teknologi komunikasi global, telah sepakat mendefinisikan kecepatan maksimum Internet mobile generasi kelima tersebut dapat mencapai kecepatan maksimal 20 gigabit per detik (Gbps).
ITU menargetkan teknologi 5G telah diterapkan pada gelaran besar Olimpiade di PyeongChang, Korea, di mana menjadi momen pertama kalinya Internet 5G dikomersialkan.
Setelah itu, ITU ingin mulai menerapkan spektrum internasional untuk jaringan 5G pada 2019 sebagai bentuk persiapan untuk peluncuran global pada 2020. (adt/eno) Sumber : CNN Indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *