Perbedaan Windows 10 dengan Versi Sebelumnya Leave a comment

Windows 10 – Pasti pada tau dong yah apa itu Windows? Yap Windows adalah keluarga sistem operasi yang cukup terkenal dikalangan pengguna komputer. Sistem operasi yang di keluarkan oleh microsoft ini telah berkembang dari waktu ke waktu, yang terbaru microsoft mengeluarkan sistem operasi Windows 10. Nah apa saja sih perbedaan-perbedaan dan kelebihan windows 10 dibanding dengan versi sebelumnya? Yuk, kita bahas satu-satu.

1. Tampilan yang indah dan menawan

Sudah pasti, kita sebagai konsumen selalu mencari produk yang indah dan enak dilihat. Microsoft telah menerima dan mengabulkan banyak masukan dari penggunanya, dan mengaplikasikannya di Windows10. Termasuk masukan tentang kualitas visual. Hasilnya? Warna yang indah dan beragam, efek visual yang menawan, kualitas UI yang kreatif dan cerdas dan masih banyak lagi.

2. Membantu dan mendukung produktivitas tinggi

Bagi anda pengguna pekerja atau pelajar yang menggunakan windows, pasti sebel dong harus klik berkali-kali untuk gonta-ganti banyak jendela yang dibuka. Microsoft sadar akan ini, dan menambahkan fitur-fitur unik nan membantu di windows 10. Seperti kemampuan untuk menggabungkan 4 jendela program sekaligus dalam satu layar desktop – anda bisa pindah dari satu jendela ke jendela lainnya tanpa masalah apapun. Jadi anda bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu. Mau menulis sambil melihat bahan tulisan? bisa.  Menggambar sambil melihat contoh gambar di Deviantart? bisa. Dan masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan.

3. Banyaknya fitur yang bisa dikustomisasi

Kita masih ingat, dulu di windows 8 ada sebuah perubahan di star menu yang membuat banyak orang marah — start menu dengan layar penuh dan live tiles(tombol ikon kotak). Fitur ini sangat berguna untuk pengguna tablet, tapi mengganggu bagi pengguna desktop dan laptop. Walaupun windows memberi update versi 8.1, masih saja tidak ada opsi untuk mematikan mode layar penuh start menu. Pamor windows pun turun saat itu.

Dan akhirnya Microsoft sadar, kalau mereka harus mendengar penggemar mereka. Setelah melewati proses testing yang melibatkan para fans, mereka mendapat banyak saran, kritik dan masukan yang membuat mereka tahu apa yang fans butuhkan. Hadirlah Windows 10.

Start menu sekarang tidak harus full-screen. Anda bisa mengaturnya. Bahkan anda juga bisa mengatur lebar dan susunan live-tiles di dalamnya. Tak hanya itu, ada banyak opsi untuk mengatur tampilan visual, performa, dan bahkan privasi.

4. Kompatibilitas yang luas

Dari banyak pengalaman pengguna awal Windows 10, hampir semua aplikasi dan game bisa dipasang di sini. Bahkan jika anda meng-upgrade ke windows 10 melalui windows update, aplikasi dan data pribadi anda tidak akan hilang — tidak seperti proses install ulang/clean install. Banyak juga yang bisa menjalankan sistem operasi ini di komputer-komputer dengan spesifikasi jadul.

5. Hadirnya Cortana

Fitur yang sebelumnya ditambahkan di windows phone ini memungkinkan anda untuk berkomunikasi dengan komputer anda. Anda bisa menyuruhnya melakukan berbagai hal; seperti mencari dan membuka sesuatu, membuat dan mengingatkan jadwal, mengecek cuaca dan trafik lalu lintas, dan masih banyak lagi.

6. Keamanan

Windows 10 sudah satu paket dengan antivirus buatan microsoft, Windows Defender. Antivirus ini sudah mumpuni untuk melawan berbagai virus yang ada di komputer. Database virusnya pun selalu diupdate melalui program windows update. Di windows 10, banyak fitur baru yang ditambahkan pada antivirus ini, seperti proteksi berbasis cloud, fitur untuk mengirim sampel virus, dan kemampuan untuk menambah eksklusi pemindaian.

7. DirectX 12

Microsoft menghadirkan fitur terbaru di windows 10 yang mampu meningkatkan performa CPU dan GPU dalam menjalankan game dan aplikasi — DirectX 12. Mirip dengan mantle AMD, banyak fitur-fitur unik di dalamnya seperti salah satunya “Explicit Multiadapter”, yang memungkinkan membagi pekerjaan ke dua prosesor GPU atau CPU walau berbeda merek. Sehingga performa saat memainkan game atau menjalankan aplikasi meningkat. Dan masih banyak fitur bermanfaat lainnya.

8. Aplikasi bawaan dari windows yang menarik

Ada banyak aplikasi baru yang bagus, seperti pemampil gambar dari microsoft, Microsoft Photo dengan tampilan menarik yang mampu menampilkan gambar GIF, pemutar musik baru, Music Groove, browser pengganti Internet Explorer, Microsoft Edge, dan masih ada aplikasi lainnya lagi.

9. Windows Insider

Dengan fitur ini anda bisa mencoba versi windows yang sedang dikembangkan. Anda bisa mencoba fitur-fitur yang sedang dikembangkan oleh Microsoft untuk Windows 10 ke depannya. Anda juga bisa memberi masukan seperti kritik dan saran langsung ke microsoft. Tapi anda perlu hati-hati, karena ini Windows versi pengembangan, pasti masih ada bug-bug yang bertebaran di sana-sini. Jangan lupa backup sebelum mencoba Windows Insider ya!

Nah itu dia yang jadi pembeda antara Windows 10 dengan versi sebelumnya. Jangan lupa kalo mau beli software original Windows 10 hanya di Giant Computer.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *