Perbedaan Bit dan Byte Leave a comment

Perbedaan Bit dan ByteBit dan Byte adalah istilah yang sering ditemukan pada segala hal yang bersangkutan dengan komputer ataupun internet.

Bit atau binary digit adalah unit terkecil yang digunakan komputer untuk mengukur kemampuan pengimpanan informasi. Komputer tidak menggunakan angka desimal untuk menyimpan data melainkan menggunakan angka biner yaitu 0 dan 1.

Istilah bit atau binary digit pertama kali diperkenalkan oleh John Tukey pada tahun 1947, saat ia berkerja sebagai ilmuwan di Beli Laboratorium dan terus digunakan di dunia komputer sampai saat ini.

Satu byte bernilai 8 kali satuan bit. Jadi byte adalah satuan informasi yang 8 kali lebih besar dari bit begitu pun sebaliknya.

Istilah byte pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Werner Buccholz pada tahun 1956, saat ia berkerja sebaga seorang ilmuwan di IBM
Memahami perbedaan antara bit dan byte dapat membantuk untuk mengingat perbedaan antara mana yang lebih besar antara kilobit dengan kilobyte , megabit dan megabyte, begitu pun seterusnya.

Kecepatan koneksi internet dinyatakan dalam kecepatan transfer data dua arah (upload dan download) sebagai bit atau byte per second. Sayangnya, tidak terdapat singkatan standar yang dapat dengan mudah dipahami para pengguna komputer agar dengan mudah membedakan antara bit dan byte.

Sebagai Contoh, kecepatan ‘500 kbps’ sering disalahartikan menjadi ‘500 kilobyte pe second’ oleh pengguna yang seharusnya ‘500 kilobit per second’.

Untuk dengan mudah membedakannya, singkatan kbps (dengan huruf b kecil) berarti kilobits per second, sedangkan KBps atau kBps (dengan huruf B besar) berarti kilobytes per second

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *