Perbedaan 32 bit dan 64 bit pada Komputer Leave a comment

32 bit                Di dalam dunia komputer pasti kita sering menemui istilah sistem 32 bit dan 62 bit. Tetapi tidak sedikit yang mengetahui apa arti atau perbedaannya, mana yang sebaiknya dipakai di komputer kamu dan mana yang tidak. Jika kamu belum tahu maka pada artikel ini kami akan menjelaskannya secara mandasar.

Istilah 32 bit dan 64 bit mengacu pada cara processor menangani jumlah informasi yang akan diproses. Processor 64 bit mampu memroses data lebih banyak dibandingkan processor 32 bit yang akan berefek pada kinerja keseluruhan perangkat komputer.

Untuk menginstal Windows 64 bit, komputer atau laptop kamu harus memiliki processor yang mampu untuk menjalankan windows 64 bit. Sedangkan Windows 32 bit bisa diinstal pada processor 32 bit maupun 64 bit dengan konsekuensi kinerja processor 64 bit tidak maksimal karena hanya berkerja dengan kecepatan 32 bit.

Salah satu keuntungan Processor 64 bit adalah kemampuan untuk berkerja dengan kapasitas ram di atas 4 gb yang belum bias dilakukan oleh processor 32 bit. Processor 32 bit dapat berkerja dengan kapasitas memory maksimal 4 gb dengan batasan 2 gb untuk 1 DIMM memory. Sedangkan processor 64 bit dapat berkerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta gb. Kemampuan dalam penggunaan RAM membuat Windows dapat meminimalkan waktu untuk menukar proses keluar masuk dari RAM dan Windows juga dapat memroses data lebih cepat dan efisien.

Baca juga artikel kami tentang Perbedaan bit dan byte

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *