Perbandingan Processor AMD dan INTEL 2

Karena banyaknya pertanyaan yang ingin tahu mengenai AMD atau Intel dan perkembangan mereke. Pada artikel kali ini kami ingin membahas mengenai Perbandingan Processor AMD dan Intel.

Processor AMD vs INTEL, Bagus yang Mana Untuk Bermain Game?

Processor AMD vs Intel

Pertanyaan klasik, mana yang bagus antara processor AMD dan Intel untuk gaming? jawabannya adalah tergantung budget yang anda miliki, kebutuhan dan spek komputer yang akan digunakan untuk bermain game itu sendiri. Dulu sekali, mungkin processor intel berjaya dengan berbagai macam processor yang mereka miliki, dengan performa terbaik dikelasnya, Intel selalu menjadi pilihan utama para pengguna komputer tak terkecuali para gamer komputer. Tetapi setelah Intel mendapatkan saingan yang cukup berat dari jajaran processor AMD, persaingan dikelas komputer termasuk komputer game pun makin menjadi-jadi hingga sekarang.

Sandy Bridge, Processor Intel, lebih bagus dari AMD?

Sempat dikalahkan oleh AMD dibidang processor gaming, kini Intel tampaknya telah berhasil merebut tahta itu kembali, ini dimulai sejak lahirnya generasi Intel Sandy Bridge. Dulu Intel sempat kewalahan dengan jajaran processor AMD seperti AMD Athlon XP 2500 Barton, kemudian belum lama ini dengan keluarga Athlon II X2, X3, X4 juga dari keluarga Phenom II seperti Phenom II X2 dan Phenom II X4 yang terkenal dengan kode Black Edition yang sanggup di overlock dengan sangat mudah. Processor AMD tersebut memiliki performa yang setara dengan Intel tetapi dengan harga yang lebih murah, ini tentu saja menjadi kabar gembira pada waktu itu dimana para gamer banyak yang mulai beralih ke processor AMD untuk merakit komputer game dengan harga murah dan kualitas bagus.

Tetapi setelah Intel memperkenalkan keluarga Sandy Bridge yang disusul Ivy Bridge, Intel tampaknya telah berhasil menarik kembali para komputer gamer untuk melirik mereka. Ini bukan tanpa alasan, karena antara harga dan performa yang ditawarkan memang lebih baik dari tipe AMD. Ambilah contoh Intel Sandy Bridge i5-2500K, prosesor ini sangat bagus untuk bermain game juga mudah di overclock yang performa nya melebihi prosesor AMD di kelasnya.

Intel vs AMD, Perbandingan ProsesorTanpa Henti

Jadi, tidak mudah menjawab pertanyaan “mana yang lebih bagus untuk bermain game antara prosesor AMD VS Intel”, kita harus menetukan harga juga keperluan kita sendiri. Contoh untuk prosesor kelas premium, saya lebih memilih tipe dari Intel (saat ini) dan memilih AMD untuk tipe prosesor gaming di bawah 1 juta. Admin juga dulu memilih prosesor AMD tetapi sekarang memiliki komputer game yang di isi oleh prosesor Intel di motherboard komputer admin  , oh ya saya pernah menulis artikel tentang ini di halaman ini – prosesor yang murah untuk bermain game.

Kesimpulannya, jika ada pertanyaan seperti perbandingan prosesor Intel VS AMD, maka kita harus melihat banyak aspek yang termasuk harga didalamnya. Mungkin bagi sebagian orang akan merasa kesulitan menentukan prosesor apa yang bagus untuk bermain game, nah kita bisa berdiskusi di halaman komentar dibawah ini. Ingat, performa prosesor tidak hanya dilihat dari clock speed saja seperti jaman purba dulu  , tetapi bisa dilihat dari chipset yang dipakai, jumlah core yang ada, jumlah cache memori, dll. Pastinya pertarungan Intel VS AMD akan terus berlangsung.. Semoga bermanfaat.

INTEL

LGA 775: Mobo dengan soket ini hanya untuk dipasangkan dengan prosesor Intel Celeron 347-Celeron 3200, Pentium 4 521, dan Core 2 series. Prosesor terbaru Core i5, dan i7 ngga bisa dipasang d mobo soket ini. Mobo soket ini memiliki paling banyak varian Chipset (945 – X48) dan tersedia dalam dua “rasa” RAM (tergantung vendor): DDR2 dan DDR3 dengan konfigurasi Dual Channel

LGA 1156: Mobo dengan soket ini hanya bisa dipasangkan dengan prosesor Intel Core i5 7xx dan Core i7 8xx. Prosesor Core 2 series dan Core i7 9xx tidak bisa dipasangkan d mobo soket ini. Mobo soket ini berchipset P55 (untuk saat ini) yang membutuhkan RAM DDR3 Low-Voltage Dual Channel. Menurut review yang ada, DDR3 yg digunakan harus bertipe Low-voltage dan berbeda dengan DDR3 biasa.
LGA 1366: Mobo dengan soket ini hanya bisa dipasangkan dengan prosesor Intel Core i7 9xx. Prosesor Core 2 series, Core i5, dan Core i7 8xx tidak bisa dipasangkan pada mobo soket ini..

Kelebihan :
  • Memiliki varian-varian dengan performa paling kencang, bahkan belum ada prosesor AMD yg bisa jd tandingannya pd range hrg >2jt (tepatnya AMD emg ga punya prosesor dgn hrg >2jt).
  • Banyak yang bilang sangat stabil dipakai keperluan aplikasi berat dan multi tasking
  • Range varian dan harga paling banyak
  • Rasio Clock/performance paling baik
  • Konsumsi daya kecil dengan performa tinggi

Kekurangan :

  • Harganya mahal
  • Banyaknya varian bisa bikin bingung
  • Varian tertinggi (Extreme Edition) mahal amit-amit
  • Harga satu platform (prosesor+mobo+RAM) yang tinggi.

AMD

Soket AM2+: Bisa dipasangkan dengan prosesor AM2+ dan AM3. Soket ini hanya suport RAM DDR2 Dual Channel.

Soket AM3: Hanya bisa dipasangkan dengan prosesor AM3 saja. Soket ini sudah suport penggunaan RAM DDR3 Dual Channel.

Kelebihan :
  • Harga murah, dengan performa seimbang
  • Varian lebih ditujukan ke arah ekonomis dengan price/performance ratio tertinggi yang bahkan melebihi price/performance Intel.
  • AMD Quad-core bahkan bisa lebih dingin drpd Intel Dual-core.
  • Varian tertinggi (Black Edition) dijual dgn hrg terjangkau, tanpa kehilangan muka d depan prosesor Intel dengan harga yang sama.
  • Harga platform (prosesor+mobo+RAM) lebih murah tanpa mengorbakan performa kseluruhan.
Kekurangan :
  • Konsumsi daya lebih tinggi drpd prosesor Intel dengan performa sama
  • RasioClock/performance yang lbh rendah drpd Intel (contohnya AMD Phenom II X4 955BE 3,2GHz baru bisa ngimbangin Intel Core 2 Quad Q9550 yg 2,8GHz, dan Phenom II 810 3,6GHz bisa diimbangin sm stock Core i5 750 2,6GHz)

Perlu diingat bahwa komponen AMD tidak bisa masuk ke Intel, maksudnya adalah jika anda ingin merakit komputer AMD belilah komponen yang mendukung AMD bukan membeli komponen intel.

Sekian pembahasan kami tentang Perbandingan Processor AMD dan INTEL, semoga dapat membantu anda. Kami menjual berbagai macam Processor Intel maupun Amd, anda bisa hubungi kami disini atau juga bisa hubungi 021-87703903 / 87711742 yang beralamat di Jl. Akses UI No. 45 Samping Kampus E Gunadarma, Kelapa Dua Depok. Terima Kasih.

2 Comments

  1. kalo tipe prosesor AMD Quad-Core A10-5745M APU, kesetaraan dgn prosesor intel nya tipe apa?

    1. setara dengan intel core i7 generasi 3 om

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *