Penyebab Laptop Mati Sendiri Beserta Solusinya Leave a comment

Ketika kita sedang mengerjakan tugas penting atau sedang bermain game lalu laptop tiba-tiba mati memang sangat menyebalkan. Kejadian seperti ini sering terjadi di sekeliling kita, atau anda pernah melihatnya bahkan mengalaminya. Kejadian seperti ini bisa terjadi karena ada software atau hardware yang bermasalah. Pada artikel kali ini kami ingin membahas tentang Penyebab Laptop Mati Sendiri Beserta Solusinya.

Coba perhatikan aspek-aspek dibawah ini, mungkin diantaranya adalah penyebab laptop anda tiba-tiba mati.

Laptop Terlalu Panas atau Overload

Suhu laptop yang terlalu panas dapat menyebabkan laptop mati secara tiba-tiba. Hindarkan menempatkan laptop yang dalam keadaan nyala di tempat yang empuk, seperti kasur, karena dapat menyebabkan sirkulasi udara menjadi buruk, udara panas sulit keluar, sehingga udara panas yang berada didalam laptop juga menyebabkan hardware-hardware di dalam laptop menjadi panas.

Solusi :

Untuk mengatasi masalah seperti ini, anda harus meletakkan laptop pada permukaan yang rata dan keras, sehingga sirkulasi udara tidak terganggu. Namun jika anda tidak mau beranjak dari kasur, maka gunakanlah papan keras seperti meja belajar kecil sebagai alasnya. Atau anda juga bisa menggunakan kipas laptop untuk membantu sirkulasi udara.

RAM Bermasalah

Ram yang bermasalah dan sulit bekerja menyebabkan laptop tidak dalam kinerja yang baik, jadi pada kondisi ini hardware laptop lain bekerja lebih keras sehingga laptop cepat panas. Penyebabnya kemungkinan RAM yang digunakan berdebu.

Solusi :

Bersihkan debu yang menempel pada RAM dengan menggunakan penghapus. Cukup gosokkan penghapus pada bagian kuningan RAM hingga bersih, dan jangan menggunakan tangan langsung karena dikhawatirkan tangan yang berkeringat atau berminyak dapat meninggalkan bekas pada kuningan RAM. Atau anda juga bisa mengambah kapasitas RAM agar laptop dapat berkerja secara optimal.

Pasta Pada Processor Mengering

Biasanya pada laptop yang sudah lama, pasta yang terdapat pada processornya sudah mengering. Pasta ini berguna untuk mengurangi panas pada processor dan sebaiknya diganti beberapa bulan sekali.

Solusi :

Beri pasta pada processor, dengan cara bongkar laptop sampai processor dapat dijangkau, kemudian hilangkan pasta kering yang menempel pada processor (jangan menggunakan benda tajam), kemudian oleskan pasta yang masih baru pada processor secukupnya.

Bagian dalam Laptop Berdebu

Jika laptop sudah berdebu maka udara didalamnya akan terhambat keluar, yang menyebabkan hardware didalam laptop cepat panas karen sirkulasi udara yang terganggu.

Solusi :

Bongkar laptop lalu bersihkan debu-debu dengan menggunakan kuas. Bersihkan bagian mainboard dan yang paling penting adalah bagian kipasnya.

Mainboard Bermasalah

Jika mainboard yang sudah bermasalah atau sudah berumur ada kalanya mainboard tersebut sudah tidak optimal untuk digunakan dalam waktu yang lama bahkan akan menyebabkan laptop mati tiba-tiba karena digunakan untuk pekerjaan berat.

Solusi :

Gantilah mainboard dengan yang baru, karena apabila mainboard tersebut sudah rusak sangat sulit untuk berkerja dengan optimal.

Sekian tips mengenai Penyebab Laptop Mati Sendiri Beserta Solusinya yang dapat kami bagikan, semoga dapat membantu masalah anda. Kami menyediakan layanan jasa untuk perbaikan laptop dalam kondisi apapun, anda bisa hubungi kami disini atau juga bisa hubungi 021-87703903 / 87711742 yang beralamat di Jl. Akses UI No. 45 Samping Kampus E Gunadarma, Kelapa Dua Depok. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *