Penyebab Kipas Laptop Bising dan Solusinya Leave a comment

Bunyi kipas yang bising tentu menganggu kedua telinga dan kenyaman anda. Bukan hanya menganggu tapi juga hal ini menyebabkan user khawatir pada laptopnya. Tapi tenang kami akan memberikan bagaimana solusinya untuk mengatasi kipas laptop yang berbunyi bising. Berikut penyebab dan solusinya :

1. Processor

Nomor satu yang patut dicurigai yaitu Processor. Jika anda terlalu sering membuka banyak aplikasi atau program (multitasking), maka processor akan bekerja lebih keras. Kinerja processor yang berlebihan dapat menyebabkan panas. Dengan demikian kipas berfungsi sebagai peminimalisir panas akan bekerja lebih keras juga dan menyebabkan kebisingan.

Solusi :

Sebaiknya buka aplikasi atau program yang diperlukan saja dan pastikan spesifikasi hardware anda mampu menjalankan software yang hendak anda jalankan.

2. Kipas Kotor

Kipas kotor disebabkan masuknya laptop ke dalam laptop anda, yang mungkin karena anda menempatkan laptop anda sembarangan. Debu yang ada di dalam kipas akan mengahambat kinerja kipas dan menyebabkan kebisingan.

Solusi :

Harus membongkar laptop karena kipas terletak di dalam laptop, jika anda tidak berani untuk membongkar sendiri sebaiknya anda membawa ke service centre – kami menerima layanan jasa service. Setelah membersihkan kipas anda sebaiknya anda menempatkan di temapat yang bersih.

3. Kipas Rusak

Banyak penyebab dari rusaknya kipas laptop. Jika kipas yang berfungsi mendinginkan heatsink pada laptop rusak maka laptop akan mati secara tiba-tiba.

Solusi :

Coba pinjam fan/kipas yang masih berfungsi untuk pengetesan dari laptop yang sejenis (merk setipe) dengan waktu cukup lama. Jika laptop anda kinerjanya bagus dapat dipastikan fan/kipas anda rusak. Sebaiknya beli baru yang sesuai dengan laptop anda, jangan paksakan laptop untuk bekerja karena dapat menyebabkan kerusakan juga pada processor dan akan menambah biaya perbaikan.

Semoga bermanfaat. Terima Kasih

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *