Penyebab Harddisk Tidak Terbaca Leave a comment

Harddisk Komputer Anda Tidak Terbaca ? Dan ini adalah penyebabnya ada 5 penyebab harddisk tidak terbaca.

Harddisk merupakan salah satu perangkat keras komputer (Hardware) yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Dalam komputer, harddisk dapat ditemukan dan digunakan secara internal maupun eksternal.

Seringkali Harddisk mengalami masalah, salah satunya adalah harddisk tidak terbaca, sehingga dalam situasi ini komputer tidak bisa menjalankan sistim operasi windows atau bekerja lebih lambat pada saat proses read dan write data.

Sekarang kita akan membahas penyebab mengapa harddisk komputer anda tidak terbaca. Sekarang anda simak baik-baik penyebab harddisk tidak terbaca.

1. Bad Sector

Salah  satu penyebab paling sering ditemukan mengapa harddisk komputer tidak terbaca adalah karena adanya bad sector. Bad sector pada harddisk akan menyebabkan komputer gagal beroperasi, user kehilangan data penting, dan sebagainya.

Penyebab bad sector harddisk bisa bermacam-macam, mulai dari mematikan komputer secara paksa atau tidak menggunakan fitur shutdown, arus mati tiba-tiba, sehingga harddisk yang bekerja seketika mati dan kehilangan daya. Kondisi seperti ini tentu dapat mengakibatkan adanya inkonsistensi data atau data courrupt dan membentuk bad sector hardisk.

2. Kerusakan Fisik

Berikutnya hardisk tidak terbaca bisa disebabkan adanya kerusakan fisik pada hardisk. Kasus ini sering di temukan pada hardisk yang sudah berumur tua atau hardisk mengalami crash seperti benturan atau arus yang tidak stabil yang mengakibatkan kerusakan pada mekanik hardisk.

3. Crash File

Crash file bisa terjadi khususnya jika anda menjalankan proses multitasking pada saat bersamaan, misalnya pengguna menjalankan dua atau tiga jenis anti-virus dalam satu waktu yang sama sehingga mengakibatkan beberapa file crash dan akhirnya hardisk tidak bisa bekerja normal.

4. Pengaturan BIOS Yang Salah

Adanya pengaturan yang salah pada BIOS tentu saja bisa membuat hardisk tidak terbaca pada saat booting. Seperti kita ketahui BIOS atau Basic Input Output System merupakan program yang mengatur dan mengontrol semua perangkat keras pada saat komputer pertama kali di hidupkan.

Jadi jika pengaturan hardisk pada program BIOS salah, biasanya akan membuat hardisk tidak terbaca pada saat komputer mulai di hidupkan.

5. Kabel Konektor Harddisk Bermasalah

Masalah pada kabel hardisk sering membuat komputer tidak dapat masuk ke sistim windows, mungkin sebagian dari anda akan menganggap hardisk sedang bermasalah, namun sebenarnya kabel hardisklah yang menjadi penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda .     Terimakasih

 

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *