Penyebab dan Solusi Flashdisk Tidak Terbaca Leave a comment

Pasti anda pernah mengalami atau sekedar mendengar saja flashdisk tidak terbaca di laptop dan tentu anda cemas jika banyak data penting di dalam flashdisk tersebut. Berikut saya akan sampaikan penyebab flashdisk tidak terbaca dan bagaimana solusinya

1. Adanya virus

Sebenernya pada masalah ini memang sulit memastikannya. Saya hanya berpendapat saja bahwa ada virus yang jahil sehingga menyebabkan driver USB pada laptop anda rusak dan menyebabkan tidak terbacanya flashdisk anda.

Solusi :

Scan laptop anda dengan software antivirus baru, kemudian install driver USB yang diperlukan. Jika masalah ini tetap terjadi, saya sarankan install Sistem Operasi (OS) kembali.

2. Port USB Flashdisk bermasalah

Jika port usb flashdisk anda sudah bermasalah tentu laptop akan sulit membacanya bahkan mungkin tidak terbaca sama sekali. Port USB bermasalah biasanya diakibatkan berkaratnya port USB flashdisk, retak di soldean yang menghubungkan port dengan maniboard flashdisk atau pin kuning di dalam port flashdisk ada yang peot atau berantakan.

Solusi :

  • Jika Port atau pin kuning di dalam colokan flashdisk karatan, silahkan bersihkan atau gosok-sosok karatan tersebut menggunakan pinset atau jarum.
  • Jika terjadi retak pada solderan yang menghubungkan port flashdisk dengan mainboard flashdisk tersebut, silahkan buka casing flash Anda, kemudian solderlah pada bagian yang retak tersebut, dan tambahkanlah timah baru agar retakannya menjadi merekat kembali.
  • Jika Colokan flashdisk ada yang peot atau pin kuningan di dalam colokan tersebut ada yang bengkok, silahkan dibenarkan peotnya, dan pin yang bengkok diluruskan kembali menggunakan pinset yang runcing.

3. Port USB laptop bermasalah atau rusak total

Bukan hanya port flashdisk yang dapat rusak, port usb pada laptop juga dapat mengalami kerusakan dan pasti menyebabkan susahnya flashdisk terbaca atau sama sekali tidak terbaca.

Kerusakan port USB biasanya diakabitkan oleh berkaratnya port tersebut, ada pin di dalamnya yang peot, atau ada benda yang mengganjal di dalamnya. Bisa juga karena komponen mainboard ada yang bermasalah sehingga tidak bisa menghidupkan port USB laptop.

Solusi :

  • Jika Port korosi atau karatan, lakukan seperti cara membersihkan karatan pada colokan USB flashdisk. Gunakan saja pinset untuk menggosok-gosok karatan tersebut agar bersih.
  • Jika pin di dalam socket USB PC atau laptop Ada yang peot, Lakukan penanganan seperti memperbaiki pin USB flasdisk. Gunakan saja pinset runcing yang mampu menjangkau area dalam dari socket USB komputer Anda.
  • Jika ada benda yang mengganjal di dalam socket USB, pinset juga bisa Anda fungsikan untuk membersihkan benda-benda tersebut.
  • Jika socket USB komputer atau laptop mengalami kerusakan fisik, silahkan diganti. Jika tidak bisa lebih baik meminta bantuan teknisi komputer.
  • Jika socket USB komputer bermasalah akibat tidak ada daya listrik dari mainboard, silahkan benahi pada bagian komponen yang menyalurkan daya ke socket USB. (untuk yang ini perlu keahlian lebih mendalam)

4. Driver USB laptop belum terinstall

Driver berfungsi agar flashdisk bisa terbaca di sistem komputer. Jika USB belum terinstall atau rusak oleh virus, maka bisa jadi flashdisk anda tidak akan dibaca oleh laptop. Untuk colokan USB terbaru di komputer atau laptop ada yang sudah menggunakan yang versi 3.0. Ciri-cirinya socket USB tersebut berwarna biru. Dan itu, wajib bagi Anda untuk menginstal drivernya agar socket USB 3.0 tersebut bisa digunakan.

Solusi :

Install driver USB yang cocok dengan laptop anda

Kami menjual berbagai macam merk flashdisk. Kunjungi website kami untuk melihat macam macam flashdisk. Kami beralamat di Jl. Akses UI No.60 Samping Kampus E Gunadarma. Sekian. Terima Kasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *