Penyebab Dan Solusi Mengatasi LCD Laptop Tidak Menyala Leave a comment

Laptop atau notebook sudah pasti  akan mengalami masalah yang satu ini yaitu layar LCD tidak menyala atau tidak menampilkan gambar. Penyebab terjadinya masalah ini biasanya dikarenakan masalah perangkat keras(Hahrdware) namun juga bisa terjadi karena masalah  perangkat lunak(Software).Sehingga   dalam mengatasi masaalah ini akan berbeda-beda antara dikarenakan hardware maupun software.

Langsung saja, berikut ini penyebab yang biasa terjadi pada masalah layar LCD laptop/notebook:

  1. Layar LCD tidak menyala ketika laptop akan dinyalankan, kemungkinan yang dapat terjadi pada masalah ini adalah pemakaian sebelumnya terjadinya software yang bermasalah, maupun terjadinya masalah pada hardware, seperti over head yang terjadi pada processor, konsleting, dan lain sejenisnya.
  2. Layar LCD yang secara tiba-tiba mati ketika posisi laptop masih menyala, dikarenkan dumb crash memory, crash yang dialami pada VGA, dan crash yang dialami pada system.

Beberapa solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi layar LCD laptop/notebook atau noteook yang mati atau tidak menyala, sebagai berikut :

  1. Solusi yang sederhana ketika layar LCD laptop secara tiba-tiba mati ketika keadaan laptop masih menyala adalah dengan mematikan laptop atau melakukan shutdown secara paksa. Jika masalahnya dikarenakan software yaitu seperti terjadinya dumb crash, memory, system crash, crash VGA. Penjelasan sederhananya adalah ada file yang ketika sedang dioperasikan tidak dapat dieksekusi oleh system, maka layar LCD tidak dapat menyala atau tidak menampilkan gambar. Solusi ini jika memang hanya dikarenakan software yang bermasalah.
  2. Lepaskanlah baterai laptop kemudian membiarkannya selama kurang lebih 5-10 menit. Solusi ini dilakukan karena dikhawatirkannya terjadi masalah pada supply listrik pada laptop, yang mana dapat mengakibatkan kinerja proseccor, memori, atau IC pada board akan terjadi gangguan. Kemudian setelah membiarkan 5-10 menit pasang kembali baterai laptop, tujuannya adalah agar membuat electricity reset pada hardware laptop yang telah bekerja. Sehingga jika hardware pada laptop tidak ada yang rusak, akan menjadikan seluruh hardware akan berkerja dengan prima.
  3. Jika solusi diatas belum dapat meyalakan layar ke LCD , maka solusi ini akan terlalu berat untuk dilakukan  yaitu dengan membongkar laptop anda. Kemudian lepaslah beberapa part  yang tertempel pada board, paling utama processor serta kipasnya dan juga kabel fleksibel LCD. Jika perlu dibersihkan komponen-komponen yang didalam laptop, lsegera bersihkan. Kemudian pasang kembali semua komponen yang sebelumnya dilepas dengan benar.

 

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *