Penyebab Blue Screen Pada Windows dan Cara Mengatasinya Leave a comment

Bagi kamu pengguna Windows pasti pernah mendengar bahkan mengalami Blue Screen pada Windows kamu. Blue Screen atau biasa disebut Blue Screen of Death (BSOD) terjadi karena adanya software atau hardware yang bermasalah atau rusak (crash) atau juga bisa karena kesalahan yang sangat parah sehingga membuat sistem harus restart. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi pada komputer atau laptop kamu, apalagi jika kamu sedang mengerjakan sesuatu yang sangat penting lalu terjadi blue screen yang menyebabkan komputer restart sehingga data yang sedang kamu kerjakan belum sempat tersimpan. Maka pada artikel kali ini kami ingin membahas tentang Penyebab Blue Screen Pada Windows dan Cara Mengatasinya.

Apa Penyebab Blue Screen Pada Windows?

Blue Screen pada Windows biasanya disebabkan karena adanya masalah dengan hardware atau software (driver) pada komputer kamu. Hardware atau software  yang menyebabkan Blue Screen adalah hardware atau software tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows, jadi penyebabnya bukan software biasa. Blue Screen terjadi ketika Windows bertemu dengan Error STOP yang menyebabkan terjadinya kegagalan kritis yang menyebabkan Windows crash atau rusak dan berhenti berkerja. Satu satunya yang dapat dilakukan Windows pada saat hal ini terjadi adalah restart.

blue

Apabila kamu sedang mengerjakan sesuatu yang sangat penting dan Blue Screen terjadi pada komputer kamu maka kamu akan kehilangan data yang sedang kamu kerjakan. Kamu tidak akan memiliki waktu atau kesempatan untuk menyimpan data yang sedang kamu kerjakan karena Blue Screen terjadi sangat cepat dan menyebabkan komputer kamu restart.

Ketika Blue Screen terjadi, Windows secara otomatis akan membuat Minidump. Minidump akan menampilkan informasi tentang crash yang terjadi dan menyimpannya didalam harddisk kamu. Dengan menggunakan Minidump, kamu dapat mengetahui dan memperbaiki penyebab terjadinya Blue Screen.

Bagaimana Cara Mengatasi Blue Screen?

Secara default, Windwos akan melakukan restart pada saat komputer mengalami Blue Screen. Ketika komputer mati secara tiba-tiba padahal kamu sedang melakukan sesuatu yang penting itu memang sangat menyebalkan dan mungkin itu terjadi karena Blue Screen. Jangan khawatir, ada cara untuk mengatasi komputer yang tiba-tiba restart pada saat terjadi Blue Screen. Caranya cukup mudah, buka Control Panel -> System and Security -> System -> Change settings -> Advanced -> Setting (pada Startup and Security) -> hilangkan ceklis pada Automatically Restart.

ss

Bagaimana Cara Melihat Penyebab Blue Screen?

Ada 2 cara untuk dapat melihat penyebab Blue Screen pada Windows. Pertama kamu bisa gunakan software gratis dari NirSoft’s yaitu BlueScreenView dan menggunakan Windows Event Viewer. Kedua cara ini akan melakukan pencarian file minidump yang dibuat Windows ketika Blue Screen dan menampilkan kerusakan atau crash yang terjadi pada Windows.

bluescreenview

Cara Lain Mengatasi Blue Screen Pada Windows

Cara di atas adalah salah satu cara mengatasi Blue Screen pada Windows, apabila masih belum bisa mengatasi Blue Screen maka gunakan beberapa cara dibawah ini :

  1. System Restore Jika Blue Screen baru saja terjadi pada komputer kamu, maka gunakanlah System Restore untuk mengatasinya. System Restore akan membuat komputer kamu kembali ke keadaan sebelumnya. Apabila cara ini berhasil, maka kemungkinan Blue Screen terjadi karena masalah Software.
  2. Scan Malware РMalware yang menembus jauh sampai ke di Kernel Windows, sebuah tingkat paling rendah di Windows dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan melakukan Scan Malware menggunakan antivirus.
  3. Boot ke Safe Mode – Coba masuk ke Safe Mode jika komputer kamu mengalami Blue Screen ketika dinyalakan. Pada Safe Mode, Windows biasanya hanya akan mengambil driver-driver yang penting. Jika kamu salah menginstal driver yang menyebabkan Blue Screen, dengan Safe Mode kamu dapat uninstall driver tersebut.
  4. Periksa Masalah Hardware – Blue Screen dapat terjadi ketika kegagalan hardware terjadi di komputer. Caranya dengan mengetikkan Memory Diagnostics Tool pada Start Menu atau mungkin komputer kamu terlalu panas karena fan atau kipas tidak berkerja dengan baik.
  5. Install Update Driver – Sebuah driver yang salah install atau tidak diupdate dapat menyebabkan kerusakan atau crash pada Windows. Download driver terbaru dari website resmi perusahaan komputer atau laptop kamu.
  6. Install Ulang Windows – Ini adalah solusi terakhir apabila semua cara di atas masih belum berhasil. Dengan Install Ulang Windows, semua sistem akan terbangun dari awal dan tidak akan ada kerusakan atau crash. Jika kamu tetap mengalami Blue Screen, mungkin permasalahannya ada pada hardware, biasanya kerusakan pada harddisk.

Lakukan langkah-langkah di atas jika komputer atau laptop kamu sering mengalami Blue Screen. Demikian pembahasan kami mengenai Penyebab Blue Screen Pada Windows dan Cara Mengatasinya. Kami menyediakan jasa pelayanan reparasi komputer atau laptop dalam keadaan Blue Screen atau dalam keadaan apapun, kamu bisa hubungi kami disini atau juga bisa hubungi 021-87703903 / 87711742 yang beralamat di Jl. Akses UI No. 45 Samping Kampus E Gunadarma, Kelapa Dua Depok. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *