Pengertian SOFTWARE dan Fungsinya Leave a comment

> Pengertian Software

Sofware atau perangkat lunak yaitu suatu kumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program atau instruksi untuk menjalankan/memproses suatu perintah. Didalam sebuah komputer software maupun hardware keduanya memiliki peranan yang sama tidak terpisahkan karena keduanya sama-sama memiliki keterkaitan satu sama lain sebagai penunjang. Jadi tidak ada istilah mana yang lebih penting software ataupun hardware. Saya tekankan lagi kedua mempunyai peranan penting agar proses pengoprasian di dalam komputer menjadi lancar.

> Fungsi Software

fungsi software adalah sebagai sarana interaksi antara user (pengguna) dengan hardware, dengan software inilah bahasa manusia diterjemahkan kedalam bahasa mesin, sehingga mempermudah kita dalam mengoprasikan sebuah komputer.

> Jenis–jenis Software

Adapun jenis software dibagi menjadi beberapa bagian :

  1. Software Berbayar (Commersial Software)

    software yang dibuat untuk tujuan kebutuhan komersil. bagi setiap pengguna yang ingin menggunakan software tersebut, pengguna tersebut harus membeli kepada pihak yang mendistribusikannya, ataupun bisa langsung kepada pengembang software yang membuatnya. contoh software berbayar seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, Corel Draw, Internet Download Manager dsb. software berbayar dilindungi oelh undang-undang hak cipta untuk mendapatkannya kita harus membeli software tersebut.

  2. Software Gratis (Freeware)

    Freeware atau software gratis merupakan software yang memiliki hak cipta, namun bagi pengguna yang ingin menggunakan software tersebut dapat mengunduh secara gratis dna tanpa batasan waktu. freeware dapat didefinisikan sebagai suatu program yang didistribusikan secara gratis dan tanpa biaya tambahan. contoh software freeware seperti mozila firefox, google chrome dsb.

  3. Shareware

    Shareware merupakan perangkat lunak yang disediakan bagi para pengguna tanpa membayar atau dapat menggunakan dengan menggunakan sebagai uji coba dan seringkali dibatasi oleh kombinasi dari fungsi, kenyamanan, dan sebagainya. jadi dapat didefinisikan bahwa shareware sebenarnya adalah aplikasi uji coba dan bagi para penggunanya harus membelinya kepada pihak yang mendistribusikan agar dapat menggunakan software tersebut apabila waktu uji coba telah habis atau ingin mendapatkan fitur tambahan tertentu. alasan dibalik perangkat lunak ini adalah dengan memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada para calon pembeli untuk mencoba menggunakan program tersebut sebelum membeli lisensi untuk versi yang lebih lengkap. ini juga bisa dikatakan sebagai strategi pemasaran atau marketing dari developer aplikasi shareware tersebut. contoh software shareware ini seperti winrar, ultra ISO, mp3 cutter dan lain sebagainya

  4. Firmware

    Firmare merupakan software yang mengacu kepada perangkat lunak yang disimpan dalam Memory Read Only atau hanya baca. tidak seperti jenis memori akses acak, firmware tidak akan berubah meski tidak dialiri arus listrik, dari mulai komputer starup sampai proses instruksi input/ output. modifikasi memang masih dapat dilakukan, namun hal tersebut tergantung dari jenis ROM (Read Only Memory) yang digunakan. firmware yang telah disimpan tidak dapat dirubah, namun firmware yang disimpan dalam Rom yang dapat diubah seperti EEPROM atau Flash ROM, masih dapat untuk diubah sesuai kebutuhan

  5. Free Software

    Freesoftware atau perangkat lunak bebas merupakan istilah yang diciptakan yang mengacu kepada perangkat lunak bebas untuk digunakan, dipelajari serta diubah dan dapat disalin dengan ataupun tanpa modifikasi. bebas disini juga berarti dalam menggunakan, mengubah, mempelajari, atau menjual sebuah perangkat lunak dan seseorang tidak perlu meminta izin siapapun. perangkat lunak tersebut biasanya memliki sebuah lisensi dan menyediakan akses ke kode sumbernya bagi para penggunanya. perlu diketahui bahwa perangkat lunak bebas atau free software jangan disama artikan dengan perangkat lunak gratis (freeware). freeware dapat berupa free sofrware yang berarti perangkat lunak bebas ataupun freeware dapat berupa perangkat lunak tak bebas.

  6. Open Source Software

    Open source software atau disebut juga perangkat lunak sumber terbuka merupakan jenis perangkat lunak yang kode sumbernya bersifat terbuka dan dapat untuk dipelajari, diubah,bdikembangkan, ditingkatkan, serta dapat juga disebarluaskan. karena adanya sifat tersebut, pada umumnya pengembangannya atau developer dilakukan oleh suatu komunitas terbuka yang memiliki tujuan untuk mengembangkat perangkat lunak yang bersangkutan. open source software yang dihasilkan tersebut biasanya bersifat bebas dengan tetap menganut sebuah kaidah dan etika tertentu.

  7. Malware

    Malware atau perangkat perusak yang merupakan perangkat lunak yang diciptakan untuk menghancurkan/ merusak sistem komputer. perangkat perusak ini seperti virus seperti Trojans, Worms, Web cripting virus, multipartite virus, Fat virus, companion viruses dan sebagainya yang melakukan perintah utama mersak komputer yang dihinggapinya.

Itulah jenis- enis penggolongan software jadi sobat menjadi lebih tau sebenarnya software2 yang kalian pakai sehari2 termasuk kedalam golongan mana maupun jenis apa?

> Pembagian software

Secara garis besar pembagian software dibagi bagi menjadi beberapa bagian, berikut pembagian software :

  1. Sistem Operasi : Windows, MAC OS, Ms. Dos dan Linux
  2. Program pembantu : Antivirus, Pc Tools, Windows Explorer
  3. Aplikasi Pengolah Kata : Microsoft word, Page maker, Notepad dsb
  4. Aplikasi Pengoalah Angka: Excel, Lotus dan Quattro Pro dsb
  5. Aplikasi Pengolah Data: Dbase, FoxPro dan Ms Access
  6. Aplikasi  Pengolah Gambar: Adobe Photoshop, Coreldraw, 3D Studio, Photoscape, Picasa dsb
  7. Compiler/Interpreter : Borlan Delphi, Pascal, Visual Basic, Visual foxpro, Visual C++ dsb

Software wajib di PC/Laptop pemakaian software tentunya pasti berbeda-beda. Bagaimana komputer di khususkan oleh setiap pengguna bisa dipakai untuk gaming, design ataupun sekedar membantu pekerjaan kantor, tugas-tugas sekolah. Namun disini saya mengambil cangkupan umum secara garis besarnya saja apa saja software wajib yang harus di install dan manfaat software tersebut secara singkat dan jika anda merasa tidak memerlukan salah satu software tersebut tidak usah di pasang :

  • Driver salah satu software wajib yang harus dipasang terlebih dahulu, driver yaitu sebuah software yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat keras atau hardware dalam komputer, laptop maupun notebook. Tanpa sebuah driver hardware baru kita tidak bisa dikenali oleh sistem operasi. Sehingga tidak bisa dijalankan untuk melakukan aktivitas tertentu. Dapat kalian ibaratkan motor jika tidak ada driver (supir) tidak akan bisa berjalan dengan sendirinya.
  • Browser adalah perangkat lunak yg berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yg disediakan oleh server. Dengan browser para pengguna internet lebih mudah mengakses/ berselancar didunia maya dengan mudah dan menyenangkan dengan berbagai fitur yang terdapat pada browser2 andalan mereka masing2 seperti mozila firefox, google chrome, internet explorer, opera, safari, maxthon dan lain sebagainya.
  • Downloader seperti internet download manager (IDM) berfungsi sebagai software untuk memasimalkan kecepatan download, software yang satu ini merupakan software terpopular untuk mendownload berbagai macam file diinternet
  • Winrar adalah sebuah perangkat lunak shareware yang berfungsi untuk pengarsipan dan kompresi, winrar dapat mengarsipkan berkas-berkas menjadi format RAR atau ZIP.
  • Microsoft Office adalah paket software buatan microsoft coorporation yang dirancang untuk memudahkan tugas perkantoran. dengan ms. office kita bisa mengerjakan proposal, surat, laporan keuangan, presentasi, database karyawan dll.
  • Multimedia player multimedia yang dimaksudkan software pemutar file multimedia seperti musik dan video seperti VLC, GOM player, Winamp, foobar, kmp, media player clasic dll
  • Antivirus berfungsi sebagai tameng atau keamanan untuk komputer kita dari berbagai virus/malware yang hendak atau menyusup kedalam operasi sistem komputer/laptop maupun notebook. Banyak sekali antivirus yang bisa kalian pakai seperti avast, avira, kaspersky, microsoft security essentials dan masih banyak lainnya.
  • Software Maintenance perangkat ini berfungsi menjaga performa komputer agar tetap sehat pada performa dan tetap enak digunakan. Banyak software maintenance yang bisa kalian gunakan/ pasang seperti Ccleaner, Auslogics Disk Defrag dan lain sebagainya.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *