Macintosh vs Windows Leave a comment

Pengguna Macintosh pastinya sangat membanggakan komputer keluaran Apple tersebut. Di sisi lain, pencinta Windows PC pasti juga selalu mengumbar keunggulan komputer yang menggunakan OS keluaran Microsoft itu berada di atas Macintosh. Jadi sebenarnya siapa yang lebih tangguh?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut memang cukup sulit tanpa berpihak pada salah satu pihak. Lebih jelasnya, pada mulanya Windows PC lebih kaya aplikasi karena developer terbelih dahulu mengembangkan aplikasi terbaiknya pada versi Windows. Namun hal itu sedikit demi sedikit berubah selama beberapa tahun terakhir. Saat ini tidak sulit mencari aplikasi untuk Macintosh yang sebelumnya populer pada Windows PC. Meski demikian, tetap ada perbaedaan antara Macintosh dan Windows PC. Apa saja?

1. Apple Unggul Pada Desain

Bukan lagi rahasia bahwa Apple bukanlah perusahaan yang tergesa-gesa dalam merilis produk. Bahkan Apple rela menghabiskan waktu bertahun-tahun demi menghasilkan tampilan desain produk yang menarik sekaligus berbeda dari produk lain.

Di pihak lain, desain Windows PC sangat tergantung dari perusahaan pembuatnya yang dalam ini bukanlah Microsoft. Sebut saja produsen komputer seperti Asus, Acer maupun Sony memiliki ciri desain yang berbeda namun tidak semenarik desain menarik yang ditawarkan komputer Macintosh.

2. Macintosh (pada umumnya) Lebih Mahal

Jika dibuat rata-rata, komputer Macintosh dari Apple dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding Windows PC. Meskipun Windows PC juga tersedia dalam versi komputer high-end yang harganya setara dengan Macbook Air, namun tidak ada komputer Macintosh yang semurah Windows PC.

3. Windows PC Cocok Untuk Gamers

Komputer Windows terkenal dengan kemudahan kostumisasi yang ditawarkannya. Anda bisa dengan mudah upgrade RAM ataupun menambah storage, tanpa harus data ke service centernya. Karena para gamers membutuhkan jumlah RAM yang besar ataupun graphic card yang tangguh untuk kebutuhan main game, maka Windows PC adalah pilihan yang tepat. Mac secara umum tidak diperuntukkan bagi para gamers, kecuali yang rela menambah dana yang cukup besar.

4. Pengguna Mac mendapatkan layanan konsumen yang lebih baik

Saat Mac rusak, Anda bisa membawanya ke Apple Store terdekat dan ahlinya akan membantu Anda. Jika masalah Anda bisa terselesaikan dalam sekali waktu maka secara umum Anda tidak akan dimintai biaya reparasi.

Microsoft juga memiliki sejumlah toko ritel namun belum sebanyak Apple. Ketika laptop Windows Anda bermasalah maka yang harus Anda lakukan adalah menghubungi service center dari produsen laptop tersebut. Tidak ada opsi spesialis di retail store seperti yang ditawarkan Apple.

5. Mac lebih aman terhadap serangan malware dan virus

Perusahaan security AVG mengungkap bahwa jumlah komputer Apple jauh lebih sedikit dibanding komputer Windwos yang ada di tangan user. Karena itulah Mac cenderung lebih aman. Namun hal ini tidak akan berlangsung lama karena tahun demi tahun semakin banyak malware yang menargetkan Mac.

Di OS X Yosemite, Apple juga telah menambahkan fitur enkripsi dan security untuk menjadikan Mac lebih aman. Artinya, tingkat keamanan Mac tidak sebaik tahun-tahun sebelumnya sehingga memaksa Apple memberikan perlindungan tambahan.

6. OS X dan Windows OS sangat berbeda

Windows 8.1 dan OS X Yosemite yang sama-sama versi OS desktop terbaru tahun ini memiliki tampilan berbeda satu sama lain. Secara default, Windows memiliki desain tiles yang memungkinkan Anda mencari berita, foto, contacts, ataupun browsing Windows Store, dll. Anda bisa menampilkan aplikasi dengan cara scrolling ke kiri/kanan, atau swipe ke atas/bawah.

Apple mendesain OS X dengan tampilan lebih bersih, tidak ‘sepenuh’ tampilan Windows. Anda cukup dihadapkan pada sebuah desktop, dock untuk mengakses berbagai aplikasi favorit dan sebuah taskbar yang ditempatkan di sepanjang screen bagian atas.

7. PC punya lebih banyak pilihan hardware

Ada banyak produsen PC. Microsoft cukup membuat software sementara pihak lain akan menggarap hardware-nya, seperti HP, Acer, Lenovo, dll. Artinya, Anda memiliki lebih banyak opsi untuk membeli PC sesuai kebutuhan serta budget Anda.

Di sisi lain Apple adalah pembuat software OS X sekaligus hardware Mac. Tidak banyak opsi Mac yang bisa Anda pilih kecuali opsi yang ditawarkan Apple. Bagi pengguna tingkat mahir, mereka bisa menciptakan komputer ‘Hackintosh’alias PC yang menjalankan OS Apple.

8. Komputer Windows dilengkapi touchscreen

Tekonologi smartphone telah merambah ke PC. Dalam hal ini semakin banyak saja produsen PC yang menyertakan fitur touchscreen di PC Windows buatan mereka, terutama sejak rilis Windows 8.0 yang mendukung penggunaan touchscreen. Opsi tersebut saat ini belum tersedia di Mac.

9. Windows juga untuk tablet

Jika OS X sejauh ini hanya dipakai di laptop, desktop dan komputer all-in-one maka lain halnya dengan Windows OS. Windows 8.1 bahkan telah tersedia untuk berbagai ukuran devices, mulai dari all-in-one PC hingga laptop ataupun tablet 8 inci.

10. Beda keyboard shorcuts

Jika Anda ingin meninggalkan Mac untuk beralih ke Windows PC, atau sebaliknya, bersiap-siaplah membiasakan diri dengan shortcut baru. Itu karena kedua platform tersebut memiliki keyboard shortcut berbeda, bahkan untuk mengambil screenshot-pun dibutuhkan cara berbeda.

Di Windows 8.1, Anda bisa memencet tombol Windows + tombol prinscreen untuk mengambil screnshot. Di Mac, Anda perlu pencet + tahan tombol Command, Shift dan 4 tombol lainnya.

Kami menjual beberapa laptop Macbook dan komputer/laptop Windows. Anda bisa hubungi kami disini atau juga bisa hubungi 021-87703903 / 87711742 yang beralamat di Jl. Akses UI No. 45 Samping Kampus E Gunadarma, Kelapa Dua Depok. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *