Tiga Komputer Tercanggih Didunia Leave a comment

Perkembangan dunia technology saat ini adalah berita yang menarik untuk di ikuti, tentunya bagi para pencinta dunia computer tidak ingin melewatkan perkembangan technology satu ini. Dalam kesempatan kali ini saifulcomelektronik.com akan mengulas sedikit informasi tentang 3 super Komputer tercanggih saat ini di dunia

Disisi lain juga computer dapat mendukung sebuah bisnis, yang mana produsen – produsen besar kelas dunia saling bersaing membuat computer yang terbaik. Sekarang ini banyak bermunculan computer-computer dengan spesipikasi dan merek-merek yang berbeda. Simak 9 super computer tercanggih saat ini.

1.  Computer Quantum 

quantum computer d wave procesor

Computer Quantum merupakan super computer yang menggunakan prinsip ‘’fisika Quantum’’ computer ini di install fasilitas Badan Antariksa Amerika Serikat ( Nasa ) dan akan digunkan bersama Google NASA. Computer ini menggunkan processor D-Wave Two yang memperlihatkan pemanfaatan efek yang disebut dengan terowongan kunatum. Super computer kuantum ini dapat memecahkan masalah matematika hanya sepersekian detik saja. Dan computer ini tidak menggunkan Bits namun GuBits ( Quantum Bits ) kecepatan computer ini 3.600 kali lebih cepat dari computer konversional.

2. K Komputer 

K-supercomputerK Komputer menjadi super computer tercepat sebelum adanya SEQUOIA. K Komputer merupakan perangkat komputeryang berasal dari Negara jepang yang di kembangkan oleh prusahaan technology Fujisu yang tempatnya di REKEN Advanced institute For Computational Science, Kobe Jepang. Computer ini memiliki kecepatan 8,162 petaflop di kalkulasi quadrilon 8,162 perdetik dengan rasio efesiensi computer sebesar 93 persen. Computer ini menggunakan processor sparc64 viiifx 2.0 Ghz 8-core sebanyak 68.544 unit yang di tempatkan di 672 lemari. Masing-masing titik komputasi dilengkapi memori sebesar 16 GB. Nah, bila masing-masing titik dilengkapi 8 inti processor maka banyaknya jumlah processor 548.352 inti.

3. Tianhe 1 A

tianhe-1a_800x600

Super computer satu ini memiliki kecepatan 2000 triliun kalkulasi perdetik dan dapat mencatat kecepatan kalkulasi 2,6 petaflop/s. Tianhe 1a merupakan produksi dari china yang di bangun dengan biaya 88 juta dolar USD yang terletak di Pusat Super Computer National Tianjin China. Super computer ini adalah tercepat di dunia sebelumnya dikalahkan oleh super computer K Komputer dari jepang 2011 lalu. Computer Tianghe 1 ini dilengkapi processor sebanyak 14.336 unit processor xeon x5670 dan 7.168 nvidia telsa m2050 untuk pemeroses grafis system computer ini yang tersusun 112 lemari computer. 12 lemari digunakan sebagai penyimpanan, 6 lemari untuk komunikasi dan 8 lemari untuk I/O setiap lemarinya terdiri dari 4 freeme masing-masing lemari memiliki 8 kipas 16 port papan pengalih. System penyimpanan computer tianghe 1-a ini sebesar 2 petabytes dengan memori 262 terabytes.

Artikel satu ini di ambil dari berbagai sumber . Nantikan update terbaru lagi tentang super computer di kesempatan yang akan datang. Apa bila ingin berlangganan gratis dengan website sederhana ini masukkan email anda pada RSS dibawah artikel ini. Semoga bermanfaat buat anda dan buat pembaca lainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *