Hal-hal yang Menyebabkan Hardisk Rusak Leave a comment

Dalam arrikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai Ciri-ciri Hardisk yang Mulai Bermasalah. Pada artikel kali ini kami ingin membahas tentang Hal-hal yang Menyebabkan Hardisk Rusak. Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan hardisk rusak :

  • Kondisi tegangan listrik yang tidak normal dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk, tidak hanya listrik pada, melainkan stabilitas dan listrik juga sangat berpengaruh.
  • Sering memutar musik atau video dari hardisk, sehingga mengakibatkan head akan secara terus-menerus membaca track-track dari hardisk. Ketika hardisk aktif berkerja akan sangat berbahaya bila terjadi goncangan atau getaran dapat mengakibatkan hardisk bad sector atau rusak karena terjadi gesekan pada komponen platter dan track.
  • Hardisk yang tidak terawat, seperti tidak menghapus atau membuang file sampah, file tidak tersusun rapi, serta head hardisk membaca secara acak karena susunan file tidak tertata rapi. Hal-hal tersebut juga bisa mengakibatkan bad sector.
  • Gaming adalah sama dengan aktifitas merusak hardisk. Karena pada saat memainkan game biasanya game tersebut akan menyediakan sebuah file sebagai data proses dari game tersebut. Dan selama memainkan game tersebut, indikator lampur hardisk akan berkerja ekstra keras yang mengakibatkan hardisk menjadi cepat panas yang dapat merusak hardisk.
  • Sering melakukan instal dan uninstall software juga dapat mengurangi umur hardisk, termasuk instal ulang sistem operasi. Over defragment pada dasarnya juga sangat berbahaya untuk hardisk, disarankan untuk melakukan defrag hardsik paling tidak¬† 2 bulan sekali atau pada saat hardisk mengalami penurunan performa.
  • Mematikan secara paksa juga dapat merusak hardisk.

Demikian informasi yang dapat kami bahas. Semoga anda dapat mengetahui cara merawat hardisk agar tidak cepat merusak hardisk. Kami Giant Computer menjual hardisk dengan kapasitas bervariasi untuk komputer pc maupun laptop. Anda bisa hubungi kami disini atau juga bisa hubungi 021-87703903 / 87711742 yang beralamat di Jl. Akses UI No. 45 Samping Kampus E Gunadarma, Kelapa Dua Depok. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *