Ciri-ciri Hardisk yang Mulai Bermasalah Leave a comment

Badsector atau kerusakan pada hardisk merupakan hal yang sangat sering kita jumpai. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui tanda-tanda hardisk yang sudah mulai rusak atau badsector. Kerusakan pada hardisk banyak penyebabnya, mulai dari usia hardisk yang sudah lama, hingga cara pemakaian kamu yang kurang memperhatikan kesehatan hardisk.

Kerusakan pada hardisk tidak harus di artikan sebagai kerusakan fisik hardisk, tetapi juga bisa dikarenakan software atau sistem yang error, misalnya : Bad Sector, Bad Shadow, Bad Cluster, dll. Sedangkan kerusakan fisik itu bisa terjadi karena kabel yang sudah jelek, ada bagian yang terbakar, hardisk terjatuh atau terpukul benda keras, dll. Berikut adalah ciri-ciri kerusakan hardisk yang harus kamu perhatikan :

  1. Loading hardisk sangat lambat, meskipun LED blinking (kedap-kedip) menandakan aktifitas pembacaan hardisk, tapi blinking berulang-ulang, tanda ada bad sector. Gejala ini juga biasanya terjadi saat loading Starting Windows kemudian muncul Blue Screen.
  2. Komputer menjadi lambat (lemot), seperti virus. Komputer sangat lambat ketika melakukan sesuatu seperti mengcopy file. Banyak orang yang mengira hal ini disebabkan oleh virus, namun ketika Windows diinstal ulang, ternyata hasilnya sama saja. Maka dapat dipastikan bahwa ada kerusakan pada hardisk atau hardware lainnya.
  3. Muncul suara bising dari hardisk. Ketika kamu menyadari ada suara yang aneh terjadi pada komputer kamu, tidak ada salahnya kamu mengecek suara aneh yang ada pada CPU kamu. Jika hardisk kamu mengalami tanda-tanda kerusakan yang mengeluarkan suara bising, suara bising itu biasanya terdengar seperti berderit, bersiut atau baling-baling kipas yang menyentuh sesuatu yang menyebabkan suara bising.
  4. Banyak file yang corrupt didalam hardisk anda bisa jadi tanda-tanda kerusakan hardisk kamu,
  5. Salah satu hal yang menjadi pertanda nyata dari kerusakan hardisk adalah bad sector, maka kamu harus membackup data hardisk anda sebelum rusak. Anda juga dapat melakukan pengecekan terhadap bad sector ini dengan menggunakan aplikasi bawaan yang ada di Wndows. Klik start -> Computer kemudian klik kanan hardisk atau partisi hardisk yang ingin kamu periksa -> Properties -> Tools -> Check now. Pada Windows Checking Disk, centanglah opsi Automatically fix file system errors.

Berikut adalah Ciri-ciri yang Mulai Bermasalah, semoga dapat membantu anda membantu anda untuk merawat hardisk anda agar tidak rusak. Baca juga Hal-hal yang Menyebabkan Hardisk Rusak. Kami Giant Computer menjual hardisk dengan kapasitas bervariasi untuk komputer pc maupun laptop. Anda bisa hubungi kami disini atau juga bisa hubungi 021-87703903 / 87711742 yang beralamat di Jl. Akses UI No. 45 Samping Kampus E Gunadarma, Kelapa Dua Depok. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *