Cara Repair Windows 7 dengan Startup Repair Leave a comment

Cara Repair Windows 7 tanpa masuk ke Windows merupakan masalah yang sulit karena anda tidak dapat menggunakan tool bawaan Windows atau software pihak ketiga seperti Easy BCD untuk memperbaiki startup Windows.

Pada sebagian besar kasus, memperbaiki startup Windows 7 merupakan hal yang mudah jika anda tahu alat bawaan Windows untuk memperbaikinya. Pada pengguna Windows XP akan terkejut melihat bahwa Windows Recovery Environment berbasis GUI Windows

Windows 7 secara otomatis akan menginstal aplikasi Startup Repair ke partisi sistem operasi, sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakannya. Setelah gagal booting, Windows 7 secara otomatis akan membuka Startup Repair, yang akan secara otomatis memindai masalah yang ada pada PC anda. Startup Repair akan secara otomatis memperbaiki masalah jika memungkinkan, kemudian akan booting seperti biasa.

Jika Windows 7 anda tidak booting seperti biasanya, anda dapat mengikuti petunjuk yang kami berikan dibawah ini tentang Cara Repair Windows 7 dengan Startup Repair. Sebelum melakukannya, anda memerlukan CD atau flashdisk instalasi Windows 7.

1. Hidupkan PC anda dan masukkan CD atau flashdisk. Kemudian masuk BIOS, ubah first boot PC anda menjadi DVD atau USB (tergantung alat yang anda gunakan), kemudian save

2. Tekan tombol apa saja saat muncul tulisan “Press any key to boot from (CD/USB)”

1

3. Apabila anda telah menekan tombol apa saja maka akan muncul Windows loading file

2

4. Setelah muncul layar Instal Windows, pilih bahasa, keyboard, dan format waktu yang ingin anda gunakan, kemudian klik Next

5. Pada layar dibawah ini, dibagian bawah layar klik tombol Repair your computer untuk melihat opsi System Recovery

3

6. Pilih Use recovery tools than can help fix problems starting Windows, dan pilih sistem operasi anda (Windows 7)

4

7. Pilih tools Startup Repair 

5

8. Tunggu prosesnya hingga selesai, lalu klik Finish.

Dibawah pilihan System Recovery, ada tools-tools seperti Startup Repair, System Restore, Windows Complete PC Restore, Windows Memory Diagnostic Tool, dan Command Prompt

Kegunaan tools-tools tersebut adalah

  1. Startup Repair – Startup Repair memungkinkan anda untuk dapat memperbaiki file sistem yang hilang atau rusak yang menyebabkan Windows tidak dapat bootign dengan normal. Startup Repair akan memeriksa masalah sistem anda, dan akan memperbaikinya secara otomatis. Komputer anda mungkin akan restart beberapa kali dalam proses ini.
  2. System Restore – Anda dapat menggunakan tools ini untuk mengembalikan Windows 7 ke keadaan sebelumnya.
  3. System Image Recovery – Windows 7 memungkinkan anda mengembalikan komputer anda dengan menggunakan system image backup yang telah anda buat sebelumnya.
  4. Windows Memory Diagnostic Tool – Tools ini berguna untuk memindai kesalahan memori pada komputer Anda. Mungkin butuh beberapa menit untuk menyelesaikan pemeriksaan memori komputer Anda.
  5. Command Prompt – Pengguna yang mahir dapat menggunakan Command Prompt untuk melakukan pemulihan sistem dan juga menjalankan command line tools untuk mendiagnosa dan memecahkan masalah. Berikut adalah daftar perintah bermanfaat yang membantu Anda memperbaiki masalah booting Windows :
  • BootRec / ScanOs
  • BootRec / RebuildBcd
  • bcdedit
  • BootRec / fixboot
  • BootRec / FixMbr

Sekian pembahasan kami mengenai Cara Repair Windows 7 dengan Startup Repair semoga dapat membantu anda dalam mengatasinya. Kami menyediakan jasa layanan reparasi komputer maupun laptop dan juga kami menjual CD Windows 7, 8, 8.1, dan 10 Original, anda bisa hubungi kami disini atau juga bisa hubungi 021-87703903 / 87711742 yang beralamat di Jl. Akses UI No. 45 Samping Kampus E Gunadarma, Kelapa Dua Depok. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *