Cara Menghapus Salah Satu OS Pada Dual Boot Leave a comment

Cara Hapus OS Dual Boot Lengkap

Windows adalah suatu Sistem Opearasi untuk sebuah komputer yang di didirikan oleh Bill Gates dengan Microsoft Corporation. Windows sangat terkenal karena tampilan nya yg menarik di banding Sistem Operasi linux. Meskipun rentan terkena malware dan harganya yang relatif mahal, tidak membuat windows ini di jauhi masyarakat. Jenis Jenis Sistem Operasi ini pun ada banyak, mulai dari windows 98, Windows ME, Windows NT, Windows 2003 Server hingga windows 8. Sistem Operasi yang banyak di pake oleh kalangan masyarakat adalah windows XP.

Kali ini kita akan membahas Cara mengahapus salah satu OS pada dual boot, Dual boot sendiri adalah adanya dua System Operasi atau lebih yang terinstal dalam sebuah komputer, setiap kali komputer akan di jalankan maka akan muncul pemberitahuan terlebih dahulu untuk memilih System Operasi apa yang akan di gunakan. Nah jika ingin mengetahui cara menghapus Sistem Operasi pada dual boot, berikut caranya.

Cara Menghapus OS pada Dual Boot

  1. Restart komputer
  2. Sebelum masuk ke windows maka sering kali ada pemberitahuan untuk masuk ke System Operasi mana. Misalnya Komputer Anda Terinstal OS dual boot windows 7 dengan Windows 8. Jika anda ingin menghapus OS windows 8, maka anda harus booting ke windows 7 untuk menghapus OS yang windows 8

  3. Jika sudah masuk windows 7, klik start ketikkan msconfig atau dengan cara tekan windows+R untuk masuk menu Run kemudian ketikkan msconfig lalu enter atau pilih OK

  4. Setelah itu akan muncul menu tampilan ms config yaitu System Configuration

  5. Pilih tab Boot lalu Delete OS yang ingin dihapus
  6. Klik OK
  7.  lalu restart

Setelah komputer di restart, maka System Operasi Dual Boot anda sudah tidak berfungsi lagi, dan akan menjadi single boot. Meskipun OS windows nya telah terhapus, tetapi file file systemnya masih ada. Oleh karena itu anda harus format harrdisk yang berisi file system itu, tetapi jika terdapat file-file penting di dalamnya, maka pindahkan dulu file tersebut.

Source

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *