Cara Mengatasi Laptop Nyala tapi No Display Leave a comment

Pada artikel kali ini kami ingin membahas tentang Cara Mengatasi Laptop Nyala tapi No Display (layar hitam). Mungkin masalah ini sering membuat anda cemas, apalagi bagi pengguna laptop yang tidak hafal betul tentang bagaimana cara mengitasi laptop yang bermasalah, Langkah pertama yang harus kita mulai adalah mengecek atau memeriksa laptop tersebut

Cek Apakah Ada Arus Laptop atau Tidak

Kegiatan awal yang benar-benar harus kita lakukan adalah melakukan pemeriksaan arus listrik pada laptop tersebut, karena mungkin saja laptop blank karena memang tidak ada arus listriknya. Jika masalah arus listrik telah teratasi, lampu pada laptop menyala maka kita lanjut pada langkah berikutnya.

Kosongkan Arus yang Ada didalam Laptop

Coba biarkan laptop mati sendiri karena baterai laptop kehabisan arus listrik untuk memastikan semua program berjalan dari awal. Atau juga bisa matikan paksa laptop dengan cara menekan tombol power sekitar 15 detik sampai laptop mati, atau juga bisa langsung cabut baterai laptop. Kemudian coba colokkan kembali baterainya lalu nyalakan kembali.

RAM Laptop Tidak Terpasang dengan Baik atau Rusak

Pada masalah ini yang harus anda lakukan adalah membongkar laptop untuk mengecek RAM. Cek RAM apakah terpasang dengan baik atau tidak. Anda cukup mencoptop RAM, bersihkan slot RAM apabila kotor, kemudian pasang lagi RAM dengan baik.

Panel Display Rusak

Coba pastikan apakah Panel Display laptop mengalami kerusakan atau tidak, maka cobalah hubungkan laptop dengan menggunakan monitor eksternal, ubah mode layar menggunakan keyboard laptop. Jika layar monitor eksternal berhasil menampilkan display laptop maka sudah dapat dipastikan bahwa kerusakan ada pada Panel Display Internal. Ada beberapa kerusakan di Panel Display yaitu, kerusakan pada inverter, kabel fleksibel, dan LCD. Jika ada gambar tipis seperti bayangan di LCD, maka kemungkinan yang rusak adalah lampu LCD (CCFL) atau kabel fleksibelnya.

Kerusakan Pada VGA Laptop

Kerusakan chipset VGA pada umumnya dialami oleh VGA laptop yang dedicated misalnya dari Nvidia atau AMD. Kerusakan VGA dari chipset integrated misalnya VGA intel sangat jarang terjadi, kerusakkan VGA yang terjadi perbandingannya sekitar 10 dedicated berbanding 1 integrated. Bagian yang sering terkena adalah bagian VGA adalah soket chipset, memori RAM VGA dan chipset GPUnya.

Cara Mengatasi Kerusakan Pada Laptop Layar Blank Hitam

  • Untuk kerusakan pada panel LCD: bawa laptop anda ke service center kami untuk diketahui bagian mana di panel LCD laptop anda yang mengalami kerusakan sehingga bisa diperbaiki atau diganti komponennya
  • Untuk kerusakan pada VGA: solusi termurahnya adalah chipset di Reflow (diblower dengan hot gun) akan tetapi keruskan akan timbul lagi dengan mudah hanya dalam jangka waktu beberapa hari saja. Reball: mengganti bola-bola pin dibawah dudukan chipset, sehingga sambungan yang jelek bisa diperbaiki, bola-bola pin yang terbuat dari lead free soldering lebih mudah rusak karena perubahan suhu bila dibandingkan dengan menggunakan bahan leaded soldering.
  • Solusi lain adalah dengan mengganti Motherboard. Akan tetapi solusi ini adalah solusi yang memakan biaya paling mahal antara 1 sampai 2 juta,

Sekian pembahasan kami mengenai Cara Mengatasi Laptop Nyala tapi No Display, semoga dapat membantu anda. Kami memberikan jasa layanan perbaikan laptop dengan keadaan apapun, anda bisa hubungi kami disini atau juga bisa hubungi 021-87703903 / 87711742 yang beralamat di Jl. Akses UI No. 45 Samping Kampus E Gunadarma, Kelapa Dua Depok. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *