Cara Install Google Play Store di Xiaomi Redmi Note 2 Terbaru Leave a comment

Cara Install Google Play Store di Xiaomi Redmi Note 2 Terbaru

Setelah update ROM Xiaomi Redmi Note 2, baik ROM Stable (MIUI 6) maupun ROM Developer Beta (MIUI 7), pasti aplikasi Google Play Store dan aplikasi Google lainnya tidak ada di dalam ponsel. ROM Stable maupun ROM Developer untuk Redmi Note 2 ini memang versi China, jadi tidak disediakan Google Play Store. Sebagai penggantinya Xiaomi telah menyediakan market aplikasi tersendiri yaitu Mi Market. Namun Mi Market ini belum setenar Google Play Store, mengingat juga belum terlalu lengkap aplikasi yang disediakan pada Mi Market.

Nah untuk dapat menginstall Google Play Store pada Xiaomi Redmi Note 2 ini ada caranya tersendiri. Ada cara yang mudah dan ada juga cara yang agak sedikit ribet. Cara yang mudah biasanya anda download gapps dulu misal dari http://opengapps.org atau banyak juga yang menyediakan download gapps di luar sana. Namun untuk bisa menggunakan gapps tersebut pada Redmi Note 2 anda, sebelumnya ponsel anda harus sudah terinstall custom recovery TWRP, karena recovery bawaan (Mi Recovery) tidak bisa untuk install gapps.

Bagi yang Xiaomi Redmi Note 2 nya sudah terpasang TWRP, anda tinggal download saja gapps diĀ http://opengapps.org, pilih Platform Arm 64 >> Android 5.0 >> Variant Pico. Untuk variant ini terserah anda, mau full, mini, micro, nano, atau pico. Full berarti gapps nya lebih lengkap dan ukuran file download pastinya lebih besar sekitar 400MB. Sedangkan Pico gappsnya lebih sedikit, yang penting ada Google Play Store, dan ukuran file download sekitar 37MB saja. Kalau saya pilih Pico saja, toh kalau sudah ada Google Play Store mau install aplikasi apa saja bisa lewat Play Store. Setelah gapps didownload tinggal anda masuk ke recovery TWRP kemudian flash deh gapps yang tadi. Mudah bukan.

Download Gapps Redmi Note 2

Namun jika Redmi Note 2 anda belum terpasang custom recovery TWRP, tanpa harus root dulu, anda bisa mendownload Google Play Store lewat Mi Market (Mi App Store), namun ada cara dan step by step nya yang harus diikuti, agak sedikit ribet memang.

1. Pastikan anda sudah centang Unknown Source pada Pengaturan Aplikasi Redmi Note 2. Caranya, bukaSettings >> Additional settings >> Privacy >> Centang Unknown Source

Setting Install Aplikasi Xiaomi Redmi Note 2

2. Pastikan pula anda sudah setting untuk unlimited download agar bisa download aplikasi tanpa harus menggunakan jaringan Wifi. Caranya masuk ke Tools >> Downloads >> Options >> Settings >> Download Size Limit >> Unlimited

Setting Download Xiaomi Redmi Note 2

Pengaturan Download Playstore Redmi Note 2

3. Pertama tama kita install dulu Google installer, caranya, buka Mi App Store, di kolom pencarian ketik Google, kumudian klik search. Kemudian klik hasil paling bawah (hijau) seperti pada gambar berikut.

Install Google Installer Redmi Note 2

NB: Oh ya, jika tulisan di Mi App Store masih bahasa China, silahkan anda buka Mi App Store dan tunggu sebentar, nanti Mi App Store akan update sendiri menjadi Bahasa Inggris.

Update!! Langsung saja download Google Installer di sini >> http://d-h.st/eSGk kemudian install di Redmi Note 2 anda.

4. Setelah terinstall, sekarang buka Google Installer tadi, cari aplikasi Google Play Store kemudian install. Saat mau install Google Play Store biasanya akan muncul peringatan suruh masang Google Service Framework terlebih dahulu, klik OK untuk melanjutkan. Lanjutkan seperti pada gambar berikut sampai keempat aplikasi basic Google terinstall.

Cara Install Playstore Xiaomi Redmi Note 2

Install Google Playstore Xiaomi Redmi Note 2

5. Kini Google Play Store beserta service nya sudah terinstall. Lanjut masuk lagi ke Mi App Store. Ketik lagiGoogle kemudian pilih warna hijau seperti pada gambar. Update semua aplikasi Google yang sudah terinstall tadi. Tujuannya agar tidak force close saat Google Play Store dibuka.

Update Google Playstore Agar Tidak Force Close

6. Setelah semua terupdate sekarang restart ponsel anda. Setelah itu silahkan buka Google Play Store dan login menggunakan akun Google yang sudah anda miliki atau membuat akun Google baru juga bisa. Setelah ini anda bisa menginstall aplikasi Google lain yang diperlukan.

Nah, itulah cara install Google Play Store pada Xiaomi Redmi Note 2 ataupun ponsel Xiaomi yang lain, karena pada dasarnya install Google Play Store ini sama lewat Mi App Store dahulu. Untuk install Google Play Store ini memang sebenarnya bisa langsung lewat Mi App Store tanpa perlu install Google Installer, tapi entah kenapa saya selalu force close terus jika install langsung lewat Mi App Store. Siapa tahu anda lebih beruntung bisa dicoba sendiri.

 

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *