7 Penyebab Harddisk Cepat Rusak Leave a comment

Hardisk adalah salah satu komponen komputer perangkat keras (hardware) Seperti harddisk merupakan bagian yang paling penting dari CPU tanpa Harddisk anda tidak dapat menghidupkan komputer yang berfungsi untuk menyimpan file-file atau data-data anda. Siapa yang tidak mengenal hardisk. Nah , sering kali harddisk anda rusak tanpa anda apa sebabnya, kami Giant Computer akan membahas nya.

Kebanyakan pengguna hanya menggunakan dan jarang memperhatikan keadaan harddisk komputernya, tanpa mengetahui keadaan harddisk jika tidak dirawat dengan benar apalagi digunakan dengan alasan alasan bisa saja harddisk anda cepat rusak.

Penyebab harddisk cepat rusak bisa bermacam-macam. Kerusakan paling dominan adalah disebabkan ulah pemakai yang belum memahami benar dengan media penyimpanan ini.

Ciri-ciri rusaknya harddisk antara lain; tidak terbaca ketika akan diinstal operating system, komputer sering restart sendiri, komputer atau laptop menjadi lemot dan sering Hang, PC/laptop susah booting, terdengar bunyi kasar pada harddisk.

samsung_f1_hdd

Kami Giant Computer akan sedikit berbagi untuk menambah pengetahuan mengenai Harddisk sehingga resiko kerusakan bisa di minimalisir.
Berikut ini Penyebab HardDisk Cepat Rusak, silahkan anda bisa simak baik – baik:

1. Suhu Panas

Tahukah anda bila komputer terlalu lama anda gunakan didalam CPU akan menjadi panas itu tidak masalah apabila pendingin bekerja dengan baik dengan jumlah kipas yang cukup apabila minimnya pendingin, bisa menyebabkan harddisk menjadi panas, komponen lemah dan mudah rusak.

2. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Apakah anda sering mengalami komputer sering restart sendiri atau tiba- tiba mati lalu langsung hidup kembali tanpa anda menekan tombol power, itu salah satu ciri listrik yang anda gunakan tidak setabil. Kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan harddisk, apalagi jika listrik sering tiba Рtiba padam.

3. Guncangan Saat Komputer / Laptop Sedang Digunakan

Guncangan keras yang terjadi pada CPU beresiko menyebabkan kerusakan pada komponen Harddisk secara fisik. Pada saat bekerja, head Harddisk mengambang di atas permukaan piringan atau platter saat terjadi guncangan bisa saja cakram di dalam hardisk mengalami lecet dan terjadi bad sector. Itulah mengapa guncangan maupun getaran bisa menyebabkan head Harddisk menyentuh bagian- bagian magnetik hard disk lain.
Bagi pengguna laptop, sangat tidak disarankan untuk membawa atau menjinjing laptop saat sedang hibernate, aktif atau standby. Posisi tersebut sebenarnya masih dalam keadaan aktif, jika terjadi gerakan atau goncangan maka akan mengganggu signal digital hard disk anda yang menyebabkan harddisk cepat rusak.

4. Terlalu Sering Memformat Harddisk

Jika anda terlalu sering menformat harddisk atau terlalu jarang menformat hardisk bisa mengakibatkan badsector pada hardisk dan harus dapat menentukan kapan waktunya hardisk kita harus di format.

Solusinya adalah : penggunakan perintah format akan di lakukan apa bila harddisk tersebut akan di instal os (sistem operasi) ,badsector , partisi baru , dll. Kalau bisa kita menformat hardisk kita 6 bulan sekali jika hardisk kita akan menjadi tempat menyimpan data maka format lah terlebih dahulu sebelum hardisk kita rusak.

5. Sering Instal Ulang

Instal ulang adalah menghapus semua data sistem kemudian mengisinya kembali maka hardisk akan bekerja sangat keras karena harus menghapus dan menulis kembali data dalam hardisk, panas yang dihasilkan dapat melemahkan kinerja hardisk dan membuat masa pakai harddisk berkurang.

6. Tidak Pernah Melakukan Defragment

Jika harddisk tidak pernah kita defrag akibatnya pada saat pemakaian hardisk dalam jangka waktu lama maka hardisk akan terdefragmentasi sehinggah mengakibatkan  file-file yang kita simpan akan berantakkan tempat peletakannya dan akan mengakibatkan harddisk menjadi lambat dalam mencari data.
Maka dari itu Melakukan defrag harddisk perlu, agar lengan harddisk tidak terlalu berat bekerja. File disusun kembali agar menyatu dan lebih mudah dibaca oleh lengan harddisk. Tapi terlalu sering melakukan defrag akan beresiko rusaknya harddisk. Lakukan defragment harddisk bila pesentasinya mencapai 5-10%.

7. Banyaknya File Sampah yang Tidak Berguna

Hal ini sering tidak pikirkan namun hal ini bisa menjadi hal yang fatal untuk hardisk anda yang dapat cepat rusak. Pastikan file-file anda yang tidak berguna dan berformat asing anda segera hapus. Selain itu file yang tidak tersusun rapi ternyata juga sangat tidak baik karena mengakibatkan bad selector pada Harddisk.

Dari semua faktor diatas dari pengalaman kami faktor no 1 sampai 3 yang paling banyak menyebabkan harddisk cepat rusak tapi tidak dipungkiri faktor lainnya juga sering terjadi. Jadi mulai sekarang anda harus lebih berhati – hati jika ingin masa pakai harddisk anda bertahan lama.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak anda inginkan sebaiknya file atau data-data penting Anda diback up pada harddisk eksternal atau flashdisk apabila harddisk komputer atau laptop anda rusak atau sudah tidak terbaca lagi. Semoga artikel ini bermanfaat dan Terima kasih anda telah mengunjungi halaman website kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *