Sejarah Penemuan Komputer Leave a comment

Siapa yang tidak tahu komputer? Alat ini sangat banyak kegunaannya, dengan alat ini anda bisa melakukan apa saja. Lalu siapakah penemu dari komputer?
Kata “komputer” pertama kali tercatat digunakan pada tahun 1613 dan awalnya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang melakukan calculations atau computations. Definisi komputer tetap sama sampai akhir abad ke-19 ketika mulai mengacu ke mesin yang melakukan perhitungan.
 1. Charles Babbage
     Penemu pertama kali adalah Charles Babbage seorang pakar matematik pada tahun 1822, namun perkembangan selanjutnya tidak lepas dari jasa para penemu dari generasi berikutnya. Dengan idenya yang cemerlang menciptakan sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan perhitungan yang rumit. Mesinnya yang tidak selesai dibuat saat ini berada di London Museum of Science. Dari sinilah cikal bakal komputer diawali.
2. Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry
       Pada tahun 1937 Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mendesain komputer digital elektronik pertama. Dengan nama ABC (Atanasoff-Berry Computer). ABC hanya dapat menghitung tambah dan kurang.
3.  Alan Turing
     Tahun 1943 selama Perang Dunia 2, ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.
4. Howard Hathaway Aiken
         Tahun 1944 (american) membuat Mark I sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. Memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.
5. Dr. John von Neumann
      Tahun 1945 Dr. John von Neumann  menulis konsep penyimpanan data. Saat itu masih berupa ide.
6. Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr
      Tahun 1946 Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr menyelesaikan komputer skala besar yang pertama, diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia mengetahui kedua orang ini sebagai PENEMU KOMPUTER.
ENIAC berbobot 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), memiliki luas 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Pertama kali komputer ini dinyalakan, seluruh jaringan listrik di Philadelphia mendadak mati.
ENIAC tidak hanya dapat menghitung tambah kurang kali bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana. Dibanding Mark I yang hanya dapat menghitung, dapat dilihat bahwa ENIAC adalah KOMPUTER pertama di dunia.
Tahun 1947 Transistor pertama ditemukan oleh William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain. Semenjak transistor ditemukan, ukuran komputer semakin mengecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *